Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Anak seorang pemuka agama menjadi nakal karena orang tuanya lebih sering mencari nafkah di luar (2) Perilaku anak yang suka membanting meja sambil berteriak-teriak karena mempunyai keterbelakangan mental (3) Pelaku tawuran pelajar tidak diberi sanksi tegas oleh sekolah sehingga terjadi pengulangan tawuran (4) Maraknya kasus pencurian di lingkungan rumah kontrakan karena di tinggal penghuninya (5) Wanita menjadi supir bus Trans Jakarta karena dianggap lebih baik cara mengemudinya di banding pria Penyimpangan sosial yang disebabkan oleh sosialisasi tidak sempurna adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Anak seorang pemuka agama menjadi nakal karena orang tuanya lebih sering mencari nafkah di luar

(2) Perilaku anak yang suka membanting meja sambil berteriak-teriak karena mempunyai keterbelakangan mental

(3) Pelaku tawuran pelajar tidak diberi sanksi tegas oleh sekolah sehingga terjadi pengulangan tawuran

(4) Maraknya kasus pencurian di lingkungan rumah kontrakan karena di tinggal penghuninya

(5) Wanita menjadi supir bus Trans Jakarta karena dianggap lebih baik cara mengemudinya di banding pria

Penyimpangan sosial yang disebabkan oleh sosialisasi tidak sempurna adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penyimpangan yang terjadi karena sosialisasi tidak sempurna artinya penyimpangan tersebut terjadi karena pihak yang diberi sosialisasi gagal menerapkan nilai-nilai yang telah disosialisasikan. Misalnya anak seorang pemuka agama menjadi nakal karena orang tuanya sering mencari nafkah diluar , ini menunjukkan bahwa sosialisasi yang dilakukan orang tua tersebut tidak dapat diterapkan oleh sang anak terlebih ketika orang tuanya tidak berada di rumah untuk mencari nafkah. Perilaku anak yang suka membanting meja karena punya keterbelakangan mental juga termasuk dalam sosialisasi yang tidak sempurna, sebab dengan keterbelakangan mentalnya, anak tersebut gagal untuk menerima dan menerapkan sosialisai yang diberikan dengan baik. Pelaku tawuran mengulangi perbuatannya karena tidak diberi sanksi tegas juga merupakan contoh sosialisasi tidak sempurna sebab ternyata sanksi yang diberikan sebagai proses sosialisasi tidak dapat dimanifestasikan di kemudian hari.

Penyimpangan yang terjadi karena sosialisasi tidak sempurna artinya penyimpangan tersebut terjadi karena pihak yang diberi sosialisasi gagal menerapkan nilai-nilai yang telah disosialisasikan. Misalnya anak seorang pemuka agama menjadi nakal karena orang tuanya sering mencari nafkah diluar, ini menunjukkan bahwa sosialisasi yang dilakukan orang tua tersebut tidak dapat diterapkan oleh sang anak terlebih ketika orang tuanya tidak berada di rumah untuk mencari nafkah. Perilaku anak yang suka membanting meja karena punya keterbelakangan mental juga termasuk dalam sosialisasi yang tidak sempurna, sebab dengan keterbelakangan mentalnya, anak tersebut gagal untuk menerima dan menerapkan sosialisai yang diberikan dengan baik. Pelaku tawuran mengulangi perbuatannya karena tidak diberi sanksi tegas juga merupakan contoh sosialisasi tidak sempurna sebab ternyata sanksi yang diberikan sebagai proses sosialisasi tidak dapat dimanifestasikan di kemudian hari.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan tiga faktor yang menyebabkan kenakalan anak!

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia