Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan peristiwa berikut! 1) Aksi protes masyarakat akibat rumahnya terendam luapan lumpur panas. 2) Ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman praaksara. 3) Persaingan antarcalon kepala daerah memperebutkan simpati rakyat. 4) Kenaikan harga gas elpiji dipengaruhi oleh naiknya harga minyak dan gas di pasar internasional. 5) Timbulnya gerakan menolak kebijakan pemerintah. Objek kajian Sosiologi ditunjukkan oleh nomor . . . .

Perhatikan peristiwa berikut!
1) Aksi protes masyarakat akibat rumahnya terendam luapan lumpur panas.
2) Ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman praaksara.
3) Persaingan antarcalon kepala daerah memperebutkan simpati rakyat.
4) Kenaikan harga gas elpiji dipengaruhi oleh naiknya harga minyak dan gas di pasar internasional.
5) Timbulnya gerakan menolak kebijakan pemerintah. 

Objek kajian Sosiologi ditunjukkan oleh nomor . . . . 

  1. 1 ), 2), dan 3) 

  2. 1), 2), dan 4) 

  3. 1), 3), dan 5) 

  4. 2), 4), dan 5) 

  5. 3), 4), dan 5) 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang dinamika sosial yang terjadi dalam masyarakat. Objek kajian sosiologi meliputi interaksi sosial, konflik sosial, dan perubahan sosial. Oleh karena itu, berdasarkan poin-poin tersebut poin 1) merupakan bagian dari objek kajian sosiologi yang berwujud interaksi sosial yang mengarah pada konflik sosial. Selain itu, 3) merupakan objek kajian sosiologi karena persaingan juga merupakan bagian dari kajian dari interaksi sosial disosiatif. Begitu juga dengan poin no 5) yang mengarah pada kajian tentang gerakan sosial dan dapat dikaji melalui perspektif konflik sosial dan perubahan sosial. Untuk poin 2) tidak tepat karena kajian tentang artefak-artefak merupakan bagian dari kajian arkeologi. Kemudian, poin 4) mengarah pada kajian ilmu ekonomi karena berfokus pada kenaikan suatu harga dan pasar internasional.

Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang dinamika sosial yang terjadi dalam masyarakat. Objek kajian sosiologi meliputi interaksi sosial, konflik sosial, dan perubahan sosial. Oleh karena itu, berdasarkan poin-poin tersebut poin 1) merupakan bagian dari objek kajian sosiologi yang berwujud interaksi sosial yang mengarah pada konflik sosial. Selain itu, 3) merupakan objek kajian sosiologi karena persaingan juga merupakan bagian dari kajian dari interaksi sosial disosiatif. Begitu juga dengan poin no 5) yang mengarah pada kajian tentang gerakan sosial dan dapat dikaji melalui perspektif konflik sosial dan perubahan sosial.

 

Untuk poin 2) tidak tepat karena kajian tentang artefak-artefak merupakan bagian dari kajian arkeologi. Kemudian, poin 4) mengarah pada kajian ilmu ekonomi karena berfokus pada kenaikan suatu harga dan pasar internasional.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan gambar di atas, manakah yang menjadi objek kajian ilmu sosiologi dan yang bukan? Apa alasannya?

13

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia