Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf di bawah ini! Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. Pemilik ladang cukup mensediakan bahan dan peralatan penanaman padi serta konsumsi. Bekerja dengan gotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi. Tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga. Ide pokok paragraf di atas adalah ….

Perhatikan paragraf di bawah ini!

Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. Pemilik ladang cukup mensediakan bahan dan peralatan penanaman padi serta konsumsi. Bekerja dengan gotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi. Tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

  1. budaya gotong royong
     

  2. peralatan penanam padi

  3. perekat rasa persaudaraan

     

  4. tradisi masyarakat Dayak Jalai

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah (A).

jawaban yang benar adalah (A).

Iklan

Pembahasan

Ide pokok paragraf di atas adalah budaya gotong royong. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan ide penjelas. Kalimat nomor 2, 3, 4, dan 5 berisi penjelasan mengenai budaya gotong royong pada komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Jadi, jawaban yang benar adalah (A).

Ide pokok paragraf di atas adalah budaya gotong royong. Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama atau awal paragraf sehingga termasuk paragraf deduktif. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan dengan ide penjelas. Kalimat nomor 2, 3, 4, dan 5 berisi penjelasan mengenai budaya gotong royong pada komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.

Jadi, jawaban yang benar adalah (A).

323

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah paragraf di bawah ini! Sumber utama polusi udara di Jakarta berasal dari sumber bergerak, yaitu kendaraan bermotor yang lalu-lalang di jalan raya, seperti mobil, sepeda motor, bus, truk, mi...

257

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia