Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4! (1) Padahal, senyum bisa memberikan banyak manfaat. (2) Selain membuat seseorang terlihat lebih menarik, senyum juga bisa meredakan stres. (3) Berdasarkan data dari sebuah penelitian ilmiah, senyum juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. (4) Senyum mampu meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat munculnya keriput di wajah, mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah, serta menyehatkan jantung dan paru-paru.   Dalam sebuah teks persuasi, paragraf di atas paling tepat diletakkan pada bagian ….

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!

(1) Padahal, senyum bisa memberikan banyak manfaat. (2) Selain membuat seseorang terlihat lebih menarik, senyum juga bisa meredakan stres. (3) Berdasarkan data dari sebuah penelitian ilmiah, senyum juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. (4) Senyum mampu meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat munculnya keriput di wajah, mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah, serta menyehatkan jantung dan paru-paru.

 

Dalam sebuah teks persuasi, paragraf di atas paling tepat diletakkan pada bagian ….

  1. pengenalan isu

  2. rangkaian argumen

  3. pernyataan ajakan

  4. penegasan kembali

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa dalam teks persuasi, paragraf di atas paling tepat diletakkan pada bagian rangkaian argumen. Jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Struktur teks persuasi terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Pengenalan isu, berisi pengantar mengenai isu yang dibahas.
  • Rangkaian argumen, berisi sejumlah pendapat penulis terkait isu yang dibahas pada struktur sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan sejumlah fakta yang memperkuat argumen tersebut.
  • Pernyataan ajakan, berisi dorongan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu. Bagian ini terletak setelah pengenalan isu serta rangkaian argumen.
  • Penegasan kembali, berisi penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya.

Dalam paragraf di atas, penulis mengemukakan sejumlah data dan fakta untuk mendukung atau memperkuat argumen yang disampaikan. Fakta yang diungkapkan didasarkan pada sebuah sumber, yakni penelitian ilmiah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam teks persuasi, paragraf di atas paling tepat diletakkan pada bagian rangkaian argumen. Jawaban yang tepat adalah B.

126

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 4!       Selama ini, diabetes sering dikenal sebagai penyakit keturunan yang hanya dapat diderita oleh orang dewasa atau tua. Akan ...

25

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia