RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan paragraf berikut! Selama musim panas pada 1576, wabah yang dikenal dengan wabah Santo Charles (sampar) menghancurkan sebagian besar wilayah utara ltalia. Warga memilih untuk saling dukung dan menguatkan. Mereka berpadu dalam aksi [...]. Jendela-jendela dibuka. Ribuan pria, wanita, dan anak-anak mulai bernyanyi. Ahli musik dari Loyola University, Remi Chiu, menemukan keterkaitan [.. . ] tersebut dengan lagu "Wuhan jiayou" (Wuhan Bisa) atau "Tetaplah kuat, Wuhan!". Nyanyian itu dimulai pada Januari di Tiongkok ketika pandemi mulai merebak. Begitupun dengan nyanyian lagu-lagu [ . . . ] di balkon penduduk ltalia. Menurutnya, kemampuan musik untuk mengatasi ego adalah media yang sangat kuat dalam menghadapi krisis. (Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/deta/1/301843-sejak-abad-ke-7-sm-musik-jadl-terapi-melawani-pandemi, diunduh 18 Maret 20120) Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!


Selama musim panas pada 1576, wabah yang dikenal dengan wabah Santo Charles (sampar) menghancurkan sebagian besar wilayah utara ltalia. Warga memilih untuk saling dukung dan menguatkan. Mereka berpadu dalam aksi [...]. Jendela-jendela dibuka. Ribuan pria, wanita, dan anak-anak mulai bernyanyi. Ahli musik dari Loyola University, Remi Chiu, menemukan keterkaitan [.. . ] tersebut dengan lagu "Wuhan jiayou" (Wuhan Bisa) atau "Tetaplah kuat, Wuhan!". Nyanyian itu dimulai pada Januari di Tiongkok ketika pandemi mulai merebak. Begitupun dengan nyanyian lagu-lagu [ . . . ] di balkon penduduk ltalia. Menurutnya, kemampuan musik untuk mengatasi ego adalah media yang sangat kuat dalam menghadapi krisis.


(Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/deta/1/301843-sejak-abad-ke-7-sm-musik-jadl-terapi-melawani-pandemi, diunduh 18 Maret 20120)


Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....undefined 

  1. kolektivis, patriot, aktifundefined 

  2. kolektif, patriotik, aktivitasundefined 

  3. kolektivitas, patriot, aktivitasundefined 

  4. kolektivisme, patriotik, aktivisundefined 

  5. kolektivisasi, patriotisme, aktifundefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kata serapan adalah kata-kata bahasa Indonesia yang diserap dari berbagai bahasa, baik dari bahasa daerah, maupun dari bahasa asing. 

Bagian rumpang pertama, diisi dengan kata kolektif. Kata kolektif  bermakna ‘dilakukan secara bersama-sama; secara gabungan’. Jadi, mereka berpadu dalam aksi bersama atau aksi gabungan.

Bagian rumpang kedua, diisi dengan kata aktivitas. Kata aktivitas bermakna ‘kegiatan’. Jadi, ahli musik menemukan kegiatan tersebut, yaitu kegiatan bernyanyi.

Bagian rumpang ketiga, diisi dengan kata patriotik. Kata patriotik berarti ‘bersifat cinta pada tanah air’. Jadi, nyanyian lagu-lagu bersifat cinta tanah air dinyanyikan di balkon penduduk Italia.

Jadi, kata yang mengisi bagian rumpang secara berurutan adalah kolektif, aktivitas, dan patriotik. Semua kata tersebut ada pada pilihan jawaban B, walaupun tidak tersusun secara berurutan.
 


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 
 

246

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna kata menghantui pada kalimat di atas adalah ....

161

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia