Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut! 1) Tato bagi masyarakat Dayak merupakan bagian dari tradisi, religi, status sosial seseorang dalam masyarakat, dan sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang. Tato masyarakat Dayak tidak bisa dibuat sembarangan. 2) Ada aturan-aturan tertentu dalam pembuatan tato atau parung, baik pilihan gambarnya, struktur sosial orang yang ditata, maupun penempatan tatonya. 3) Secara religi, tato memiliki makna yang sama dalam masyarakat Dayak, yakni sebagai obor dalam perjalanan seseorang menuju alam keabadian, setelah kematian. 4) Kemudian, semakin banyak tato, obor akan semakin terang dan jalan menuju alam keabadian semakin lapang. 5) Tetap saja pembuatan tato tidak bisa dibuat sebanyak-banyaknya secara sembarangan karena harus mematuhi aturan-aturan adat. Disadur dari: http://www.wacana.co/2009/04/makna-tato-bagi-masyarakat-dayak , 10 November 2018 Kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka....

Perhatikan paragraf berikut!

1) Tato bagi masyarakat Dayak merupakan bagian dari tradisi, religi, status sosial seseorang dalam masyarakat, dan sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang. Tato masyarakat Dayak tidak bisa dibuat sembarangan. 2) Ada aturan-aturan tertentu dalam pembuatan tato atau parung, baik pilihan gambarnya, struktur sosial orang yang ditata, maupun penempatan tatonya. 3) Secara religi, tato memiliki makna yang sama dalam masyarakat Dayak, yakni sebagai obor dalam perjalanan seseorang menuju alam keabadian, setelah kematian. 4) Kemudian, semakin banyak tato, obor akan semakin terang dan jalan menuju alam keabadian semakin lapang. 5) Tetap saja pembuatan tato tidak bisa dibuat sebanyak-banyaknya secara sembarangan karena harus mematuhi aturan-aturan adat.

Disadur dari: http://www.wacana.co/2009/04/makna-tato-bagi-masyarakat-dayak, 10 November 2018

Kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka....

  1. 1)

  2. 2)

  3. 3)

  4. 4)

  5. 5)

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kesalahan penggunaan konjungsi terdapat pada kalimat 4 yaitu pada kata kemudian . Kata tersebut merupakan konjungsi yang menyatakan waktu yang akan datang atau sesuatu yang berlanjut. Kalimat sebelumnya tidak menyatakan sebuah urutan waktu atau menyatakan sebuah proses.

Kesalahan penggunaan konjungsi terdapat pada kalimat 4 yaitu pada kata kemudian. Kata tersebut merupakan konjungsi yang menyatakan waktu yang akan datang atau sesuatu yang berlanjut. Kalimat sebelumnya tidak menyatakan sebuah urutan waktu atau menyatakan sebuah proses.

Latihan Bab

Mengenal Teks Editorial

Mengidentifikasi Teks Editorial

Kebahasaan Teks Editorial

Analisis Teks Editorial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

490

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kita tak perlu tercengang kaget saat Jepang mengalokasikan anggaran untuk pendidikan hingga seratus kali lipat dibanding Indonesia. Sebaliknya, harus kaget saat Bangladesh, yang notabenenya negara kec...

13rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia