Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut! 1) Gas rumah kaca yang paling banyak adalah uap air. Uap air mencapai atmosfer akibat dari penguapan air laut, danau, atau sungai. 2) Kemudian, gas terbanyak kedua adalah karbon dioksida. 3) Karbon dioksida timbul akibat berbagai proses, seperti letusan vulkanik, pernapasan manusia dan hewan, serta pembakaran material organik (seperti tumbuhan). 4) Karbon dioksida dapat berkurang karena terserap oleh lautan dan tanaman untuk proses fotosintesa. 5) Di dalam proses tersebut tanaman akan mengambil atom karbonnya dan melepaskan oksigen ke udara. Disadur dari: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/dinamika-perubahan-atmosfer , 9 November 2018 Kesalahan penggunaan kata dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat berangka....

Perhatikan paragraf berikut!

1) Gas rumah kaca yang paling banyak adalah uap air. Uap air mencapai atmosfer akibat dari penguapan air laut, danau, atau sungai. 2) Kemudian, gas terbanyak kedua adalah karbon dioksida. 3) Karbon dioksida timbul akibat berbagai proses, seperti letusan vulkanik, pernapasan manusia dan hewan, serta pembakaran material organik (seperti tumbuhan). 4) Karbon dioksida dapat berkurang karena terserap oleh lautan dan tanaman untuk proses fotosintesa. 5) Di dalam proses tersebut tanaman akan mengambil atom karbonnya dan melepaskan oksigen ke udara.

Disadur dari: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/dinamika-perubahan-atmosfer, 9 November 2018

Kesalahan penggunaan kata dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat berangka....

  1. 1)

  2. 2)

  3. 3)

  4. 4)

  5. 5)

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kesalahan penggunaan kata terdapat pada kalimat 4 yaitu pada kata fotosintesa . Kata tersebut merupakan bentuk tidak baku. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan kata yang tepat yaitu fotosintesis.

Kesalahan penggunaan kata terdapat pada kalimat 4 yaitu pada kata fotosintesa. Kata tersebut merupakan bentuk tidak baku. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan kata yang tepat yaitu fotosintesis.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Kekayaan nonmineral antara lain energi panas laut, energi pasang surut, dan energi arus atau gelombang laut. Kata nonmineral pada kutipan di atas merupakan jenis kata...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia