RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan naskah drama berikut!      Pagi itu, ruang kelas VIII B hening. Setiap murid memperhatikan Ibu Dewi yang sedang mengajarkan karya sastra drama. Namun, Ibu Dewi melihat Ani yang beraut wajah pucat.Ternyata Ani memang sedang sakit. Ibu Dewi: Ani, kalau sedang tidak sehat, kenapa tidak membuat surat izin saja? Sudah periksa ke dokter? (Sambil mendekat ke tempat duduk Ani) Ani: Sudah, Bu. Tadi sebenarnya saya berniat untuk tidak masuk dan membuat surat izin sakit, tapi saya tidak ingin melewatkan pelajaran hari ini. Ibu Dewi: Ya tapi kamu kan sedang sakit. Kamu kan bisa bertanya pada teman-teman kamu soal materi pelajaran hari ini. Ani: lya bu, tapi saya tetap menyayangkan kalau sampai melewatkan mata pelajaran hari ini. Apalagi saya sebenarnya paling suka kalau diajar oleh Bu Dewi. Ibu Dewi: Baiklah kalau begitu, Ani sekarang lebih baik pulang saja karena Ani sedang sakit. Untuk materi pelajaran hari ini, Ani bisa tanya ke teman Ani. Ibu akan menghubungi orang tua Ani untuk menjemput Ani pulang. Ani: Baiklah, Bu. Mungkin saya memang harus istirahat dulu biar bisa cepat sembuh dan tidak melewatkan kegiatan belajar lebih lama. Ibu Dewi: Benar An, Ani sekarang pulang dan istirahat di rumah, ya! Ani: Baik, Bu. Ibu Dewi: Nah, anak-anak, marilah kita doakan Ani agar lekas sembuh, ya! Kita semua juga harus menjaga kesehatan agar dapat belajar dengan maksimal. Kesehatan itu mahal harganya. Murid-murid : Baik, Bu. Disadur dari: https://www.teksdrama.com/2012/09/contoh-drama-sekolah-pendidikanhtml, diunduh 9 Septeraber 2019  Jelaskan unsur drama tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan naskah drama berikut! 


    Pagi itu, ruang kelas VIII B hening. Setiap murid memperhatikan Ibu Dewi yang sedang mengajarkan karya sastra drama. Namun, Ibu Dewi melihat Ani yang beraut wajah pucat.Ternyata Ani memang sedang sakit.

Ibu Dewi: Ani, kalau sedang tidak sehat, kenapa tidak membuat surat izin saja? Sudah periksa ke dokter? (Sambil mendekat ke tempat duduk Ani)

Ani: Sudah, Bu. Tadi sebenarnya saya berniat untuk tidak masuk dan membuat surat izin sakit, tapi saya tidak ingin melewatkan pelajaran hari ini.

Ibu Dewi: Ya tapi kamu kan sedang sakit. Kamu kan bisa bertanya pada teman-teman kamu soal materi pelajaran hari ini.

Ani: lya bu, tapi saya tetap menyayangkan kalau sampai melewatkan mata pelajaran hari ini. Apalagi saya sebenarnya paling suka kalau diajar oleh Bu Dewi.

Ibu Dewi: Baiklah kalau begitu, Ani sekarang lebih baik pulang saja karena Ani sedang sakit. Untuk materi pelajaran hari ini, Ani bisa tanya ke teman Ani. Ibu akan menghubungi orang tua Ani untuk menjemput Ani pulang.

Ani: Baiklah, Bu. Mungkin saya memang harus istirahat dulu biar bisa cepat sembuh dan tidak melewatkan kegiatan belajar lebih lama.

Ibu Dewi: Benar An, Ani sekarang pulang dan istirahat di rumah, ya!

Ani: Baik, Bu.

Ibu Dewi: Nah, anak-anak, marilah kita doakan Ani agar lekas sembuh, ya! Kita semua juga harus menjaga kesehatan agar dapat belajar dengan maksimal. Kesehatan itu mahal harganya.

Murid-murid : Baik, Bu.

Disadur dari: https://www.teksdrama.com/2012/09/contoh-drama-sekolah-pendidikanhtml, diunduh 9 Septeraber 2019 


Jelaskan unsur drama tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berikut unsur-unsur drama:

  • Tema
  • Alur atau Plot
  • Latar
  • Tokoh dan Penokohan
  • Sudut Pandang
  • Amanat
  • Dialog

Unsur-unsur drama dalam kutipan teks drama diatas yaitu:

 Tema: Kegigihan siswa bernama Ani untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan guru kesayangannya meskipun sedang sakit.'

Alur atau Plot: Alur Konvensional

Latar:  Sekolah tepatnya di ruang kelas VIII B

Tokoh : Ani, ibu Dewi, murid-murid 

Sudut Pandang: Sudut pandang orang ketiga

Amanat: Jika kita sakit, tidak apa-apa untuk sesekali melewatkan sesuatu yang kita suka, agar kita bisa beristirahat dan pulih dengan cepat, sehingga kita bisa melakukan hal yang disukai lagi.

Dialog: Terlampir dalam soalundefined 

322

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dialog?

109

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia