Roboguru

Perhatikan nama fauna berikut : pesut  badak bercula  banteng  kus kus kasuari  Termasuk jenis fauna Asiatis terdapat pada nomor....

Pertanyaan

Perhatikan nama fauna berikut :

  1. pesut 
  2. badak bercula 
  3. banteng 
  4. kus kus
  5. kasuari 

Termasuk jenis fauna Asiatis terdapat pada nomor....  

  1. 1,2, dan 3 

  2. 1,2, dan 4 

  3. 1,3, dan 5 

  4. 2,4, dan 5 

  5. 3,4, dan 5 

Pembahasan Soal:

Wilayah fauna Indonesia tipe Asiatis meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Batas wilayah fauna Indonesia bagian barat (Tipe Asiatis) dengan wilayah fauna Indonesia bagian tengah (Tipe Asia-Australis) disebut Garis Wallace.Jenis-jenis Fauna Indonesia Tipe Asiatis, antara lain: 

  • Mamalia, terdiri atas: gajah, badak bercula satu, rusa, tapir, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, macan tutul, macan kumbang, tikus, bajing, beruang, kijang, anjing hutan, pesut, kelelawar, landak, babi hutan, kancil, dan kukang.
  • Reptilia, terdiri atas: biawak, buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, bunglon, dan trenggiling.
  • Burung, terdiri atas: elang bondol,jalak, merak, ayam hutan, burung hantu, kutilang dan berbagai macam jenis unggas lainnya. 
  • Ikan, terdiri atas mujair dan arwana serta pesut (mamalia air tawar), yaitu sejenis lumba-lumbayang hidup di Sungai Mahakam.

Oleh karena itu, jawabannya adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiyati

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Spesies fauna endemik oriental yang status populasinya sangat kritis/hampir punah dan hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah ….

Pembahasan Soal:

Badak bercula satu/badak jawa/badak bercula satu kecil (rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili rhinocerotidae dan satu dari lima jenis badak yang masih ada. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini awalnya bukan dianggap endemik karena pernah menjadi salah satu badak di Asia yang paling banyak menyebar. Meski disebut "badak jawa", fauna ini mulanya tidak terbatas hidup di Pulau Jawa saja, tetapi di seluruh nusantara, sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok.

Namun saat ini, spesies badak bercula satu statusnya sangat kritis dan terancam punah dengan hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas dan tidak ada di kebun binatang. Badak jenis ini kemungkinan menjadi salah satu mamalia terlangka di bumi. Fauna langka dan dilindungi ini dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Roboguru

Perhatikan peta persebaran fauna berikut. Fauna yang terdapat di wilayah nomor 2 antara lain ....

Pembahasan Soal:

Fauna di bumi terbagi menjadi enam wilayah berdasarkan persamaan dan perbedaan karakteristik pada wilayah tersebut. Wilayah yang ditunjukkan oleh nomor 2 termasuk ke dalam wilayah oriental. Wilayah oriental, yaitu meliputi wilayah India dan Indonesia. Adapun beberapa fauna yang termasuk dalam wilayah oriental adalah gajah, harimau, orang utan, anoa, burung maleo, komodo, rusa, badak, dan burung cendrawasih.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

Roboguru

Fauna Indonesia yang tergolong Asiatis, meliputi Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali, berada di ....

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi iklim, geologi, fisografis dan juga makhluk hidup. Kawasan Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, berdasarkan sejarah geologinya mengakibatkan fauna yang terdapat di Indonesia dipengaruhi atau memiliki kesamaan dengan yang terdapat di dua kawasan tersebut. Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai tatanan geologi dan pola tektonik yang komplek dimuka Bumi ini. Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat (Tipe Asiatis), tengah (Tipe Peralihan), dan timur (Tipe Australis). Bersamaan dengn itu, di wilayah Indonesia juga menunjukan adanya perbedaan perkembangan tektonik yang menonjol antara Indonesia bagian  barat dan bagian timur. Wilayah barat termasuk ke dalam Paparan Sunda, wilayah tengah termasuk Paparan Antara, dan wilayah timur termasuk ke dalam Paparan Sahul.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

Roboguru

Berikut ini yang termasuk jenis fauna tipe Asiatis adalah....

Pembahasan Soal:

Fauna asiatis wilayah penyebarannya tersebar di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Fauna Indonesia yang masuk di wilayah ini hanya di Indonesia bagian barat. Fauna Asiatis antara lain adalah gajah, badak Jawa, badak Sumatra, banteng, beruang, kancil, kukang, pesut, orang utan, tapir, macan tutul, dan burung beo.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Jelaskan mengapa wilayah nomor 1 disebut sebagai wilayah persebaran hewan khas Asiatis dan berikan 3 contoh jenis hewan di wilayah tersebut!

Pembahasan Soal:

Nomor 1 merupakan fauna Indonesia bagian Barat atau tipe Asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Bagian barat Indonesia memang dahulunya menyatu dengan daratan benua Asia sehingga jenis fauna diwilayah tersebut akan sama dengan jenis fauna yang ada di Asia. Contoh jenis hewannya diantaranya Gajah, Tapir, Badak bercula satu, Orang utan dan lainnya.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved