Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan masalah kependudukan berikut! Penumpukan penduduk usia muda. Produktivitas penduduk usia kerja rendah. Pemenuhan gizipenduduk usia 0-4 tahun menurun. Pendapatan per kapita penduduk rendah. Peningkatan kebutuhan ekonomi penduduk usia produktif meningkat. Permasalahan kependudukan yang terkait dengan komposisi penduduk Indonesia ditunjukkan oleh angka ....

Perhatikan masalah kependudukan berikut!
 

  1. Penumpukan penduduk usia muda.
  2. Produktivitas penduduk usia kerja rendah.
  3. Pemenuhan gizi penduduk usia 0-4 tahun menurun.
  4. Pendapatan per kapita penduduk rendah.
  5. Peningkatan kebutuhan ekonomi penduduk usia produktif meningkat.
     

Permasalahan kependudukan yang terkait dengan komposisi penduduk Indonesia ditunjukkan oleh angka .... 

  1. 1, 2, dan 3 

  2. 1, 2, dan 4 

  3. 1, 3, dan 5 

  4. 2, 4, dan 5 

  5. 3, 4, dan 5 

Iklan

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Dalam demografi, komposisi penduduk biasanya dikelompokkan berdasarkan umur dan jenis kelamin.Komposisi penduduk Indonesia masih menunjukkan penumpukan pada kelompok penduduk usia muda (penduduk nonproduktif) . Keadaan ini berdampak pada kondisi ekonomi, pemenuhan gizi, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Jumlah penduduk usia nonproduktif yang lebih tinggi daripada jumlah penduduk usia produktif akan menyebabkan angka beban ketergantungan meningkat. Kondisi ini juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan hidup keluarga dan kebutuhan ekonomi yang harus ditanggung oleh penduduk usia produktif . Jika penduduk usia produktif tidak mampu menanggung beban tersebut, hal ini bisa berimbas pada banyak hal, seperti penurunan gizi anak akibat ketidakmampuan orang tua dalam memberikan gizi yang layak bagi anaknya. Dengan demikian, pernyataan yang menunjukkan permasalahan kependudukan yang berkaitan dengan komposisi penduduk di Indonesia ditunjukkan oleh nomor (1), (3), dan (5) . Adapun pernyataan yang ditunjukkan angka 2 dan angka 4 berkaitan dengan permasalahan penduduk dalam hal kualitas penduduk. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Dalam demografi, komposisi penduduk biasanya dikelompokkan berdasarkan umur dan jenis kelamin. Komposisi penduduk Indonesia masih menunjukkan penumpukan pada kelompok penduduk usia muda (penduduk nonproduktif). Keadaan ini berdampak pada kondisi ekonomi, pemenuhan gizi, pendidikan, dan lapangan pekerjaan.

Jumlah penduduk usia nonproduktif yang lebih tinggi daripada jumlah penduduk usia produktif akan menyebabkan angka beban ketergantungan meningkat. Kondisi ini juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan hidup keluarga dan kebutuhan ekonomi yang harus ditanggung oleh penduduk usia produktif. Jika penduduk usia produktif tidak mampu menanggung beban tersebut, hal ini bisa berimbas pada banyak hal, seperti penurunan gizi anak akibat ketidakmampuan orang tua dalam memberikan gizi yang layak bagi anaknya.

Dengan demikian, pernyataan yang menunjukkan permasalahan kependudukan yang berkaitan dengan komposisi penduduk di Indonesia ditunjukkan oleh nomor (1), (3), dan (5). Adapun pernyataan yang ditunjukkan angka 2 dan angka 4 berkaitan dengan permasalahan penduduk dalam hal kualitas penduduk.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Bab

Dinamika Kependudukan I

Dinamika Kependudukan II

Mobilitas Penduduk

Kualitas Penduduk

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Dwi oktaviana Yana

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Kurangnya kesempatan kerja Peningkatan angka kriminalitas Tingginya tingkat urbanisasi Kekurangan ketersediaan air bersih Munculnya daerah-daerah ...

139

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia