Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan laporan pembacaan buku berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 4!
 

  1. Judul Buku : Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda
    Pengarang : Bob Harjanto
    Penerbit : Manika Books
    Kota Terbit : Yogyakarta
    Tahun Terbit : 2010
    Tebal Halaman : 104 halaman
     
  2. Terdapat banyak buku terkait dengan pendidikan. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam mendidik, yaitu dengan mengajarkan membaca sekaligus menanamkan minat untuk melakukannya. Membaca merupakan aktivitas yang kompleks. Bukan sekadar memasukkan informasi ke otak, membaca juga mengaktifkan dan menajamkan otak.
     
  3. Buku Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda memuat informasi yang bermanfaat. Di dalamnya, memuat pengetahuan, antara lain peran penting membaca dalam proses belajar. Selain itu terdapat juga informasi tentang manfaat yang didapat dengan membaca dan menanamkan kegemaran membaca, seperti mengembangkan kreativitas anak, membina moral, mengajarkan ilmu pengetahuan, dan melatih keterampilan berbahasa anak. Salah satu yang terpenting, yaitu menanamkan kegiatan gemar membaca pada anak dengan teknik yang berbeda sesuai usianya. Di samping itu, mengidentifikasi faktor penghambat membaca anak dari lingkungan yang beragam dan mengantisipasinya juga termuat dalam buku ini. Memilih buku yang sesuai dengan tahap perkembangan anak juga menjadi salah satu informasi yang tidak boleh dilewatkan ketika membaca buku ini. Terakhir, buku juga memuat tips membuat perpustakaan keluarga yang realistis untuk membangun lingkungan membaca yang kondusif bagi anak.
     
  4. Secara umum, buku ini sangat bermanfaat bagi pembacanya karena buku ini dapat membantu orang tua dan guru dalam mengembangkan kreativitas anak, membina moral, mengajarkan ilmu pengetahuan, dan melatih keterampilan berbahasa anak. Akan tetapi, bukan hanya orang tua dan guru yang akan memetik manfaat saat membaca buku ini, pelajar pun dapat memanfaatkan buku ini untuk menemukan panduan dalam memilih buku yang sesuai untuk tahap usia mereka bahkan untuk orang-orang di sekitarnya. Di samping itu, ilustrasi yang terdapat dalam buku juga dapat menambah kesan positif terhadap bukunya.
     
  5. Peribahasa mengatakan bahwa tidak ada gading yang tak retak, barangkali itulah yang juga menggambarkan buku ini. Buku ini tidak mencantumkan sumber penelitian yang dikutip di dalamnya. Pada akhirnya, buku ini sangat layak untuk dibaca dan juga menarik serta informatif. Buku ini merupakan buku yang dapat dibaca oleh orang dewasa, apapun perannya. Namun, yang lebih utama, yaitu dibaca oleh orang tua yang ingin menanamkan kegemaran membaca kepada anak-anaknya sejak dini.


Kesimpulan penulis terhadap buku yang dibacanya ditunjukkan pada ....

  1. Kalimat pertama paragraf (5)

  2. Kalimat kedua paragraf (5)

  3. Kalimat ketiga paragraf (5)

  4. Kalimat ketiga, keempat, dan kelima paragraf (5)

  5. Semua kalimat dalam paragraf (5)

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Paragraf bernomor (5) dalam teks laporan pembacaan buku di atas berisi kekurangan buku dan kesimpulan buku. Kekurangan buku ditunjukkan oleh kalimat pertama dan kedua, sedangkan kesimpulan penulis terhadap isi buku ditunjukkan oleh kalimat ketiga, keempat, dan kelima.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

25

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Langkah yang dilakukan setelah menentukan buku nonfiksi dalam menyunting buku pengayaan nonfiksi adalah ....

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia