Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan lambang unsur berikut. 15 31 ​ P Tentukan: a. Jumlah elektron dan neutron unsur tersebut. b. Jumlah elektron valensi. c. Letak golongan unsur tersebut dalam tabel Sistem Periodik Unsur.

Perhatikan lambang unsur berikut.

 

Tentukan:
a. Jumlah elektron dan neutron unsur tersebut.
b. Jumlah elektron valensi.
c. Letak golongan unsur tersebut dalam tabel Sistem Periodik Unsur.
 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar sesuai pernyataan diatas.

jawaban yang benar sesuai pernyataan diatas. 

Iklan

Pembahasan

a. Jumlah elektron dan neutron unsur P b. Jumlah elektron valensi. Elektron valensi ditentukan berdasarkan elektron pada kulit terluarnya berdasarkan konfigurasi elektronnya yaitu . Oleh karena itu,jumlah elektron valensi unsur P adalah 5. c. Letak golongan unsur tersebut dalam tabel Sistem Periodik Unsur. Golongan unsur P dapat ditentukan berdasarkan elektron valensinya. Elektron valensi atom P adalah 5 dan berakhir pada subkulit s dan p yang menunjukkan unsur P terletak pada golongan utama (A).Oleh karena itu letak golongan unsur P adalah VA. Jadi, jawaban yang benar sesuai pernyataan diatas.

a. Jumlah elektron dan neutron unsur P

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Jumlah space elektron space P end cell equals cell nomor space atom end cell row cell Jumlah space elektron space P end cell equals 15 row blank blank blank row cell Jumlah space neutron space P end cell equals cell nomor space massa bond nomor space atom end cell row cell Jumlah space neutron space P end cell equals cell 31 minus sign 15 end cell row cell Jumlah space neutron space P end cell equals 16 end table end style 

b. Jumlah elektron valensi.

Elektron valensi ditentukan berdasarkan elektron pada kulit terluarnya berdasarkan konfigurasi elektronnya yaitu begin mathsize 14px style P presubscript 15 presuperscript 31 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p cubed end style. Oleh karena itu, jumlah elektron valensi unsur P adalah 5. 
c. Letak golongan unsur tersebut dalam tabel Sistem Periodik Unsur.

Golongan unsur P dapat ditentukan berdasarkan elektron valensinya. Elektron valensi atom P adalah 5 dan berakhir pada subkulit s dan p yang menunjukkan unsur P terletak pada golongan utama (A). Oleh karena itu letak golongan unsur P adalah VA.

Jadi, jawaban yang benar sesuai pernyataan diatas. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Dan Nia

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hubungan antara notasi unsur, konfigurasi elektron, dan letaknya dalam tabel periodik unsur berikut. Data yang berhubungan dengan tepat ditunjukkan oleh ....

103

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia