Pertanyaan

Perhatikan kutipan wawancara berikut! Pewawancara : Apa hal yang membuat Anda memutuskan untuk berhijrah? Informan : Saya suka membaca buku-buku tentang Islam, baik buku tulisan dari dalam negeri maupun karya-karya dari Barat seperti John L. Esposito. Alasan awal yang membuat saya suka membaca buku-buku Islam adalah ketika saya iseng ke toko buku dan membeli buku berjudul Hakekat Ruh. Dari buku tersebutlah saya termotivasi untuk membeli buku-buku Islami yang lain dan mengkhatamkannya. Setelah saya banyak membaca buku-buku tentang Islam itulah yang kemudian membuat cara berpikir saya berubah dan akhirnya memutuskan untuk berhijrah. Berdasarkan kutipan wawancara tersebut tahap coding dalam analisis kualitatif yang bisa dilakukan peneliti adalah ....

Perhatikan kutipan wawancara berikut!

Pewawancara : Apa hal yang membuat Anda memutuskan untuk berhijrah?

Informan : Saya suka membaca buku-buku tentang Islam, baik buku tulisan dari dalam negeri maupun karya-karya dari Barat seperti John L. Esposito. Alasan awal yang membuat saya suka membaca buku-buku Islam adalah ketika saya iseng ke toko buku dan membeli buku berjudul Hakekat Ruh. Dari buku tersebutlah saya termotivasi untuk membeli buku-buku Islami yang lain dan mengkhatamkannya. Setelah saya banyak membaca buku-buku tentang Islam itulah yang kemudian membuat cara berpikir saya berubah dan akhirnya memutuskan untuk berhijrah.


Berdasarkan kutipan wawancara tersebut tahap coding dalam analisis kualitatif yang bisa dilakukan peneliti adalah ....  

  1. kembali ke lapangan untuk mencari informan baru agar pernyataan tersebut dapat menjadi konsep undefined 

  2. membuat tabel dalam kutipan tersebut untuk menyederhanakan kalimat agar mudah dipahami undefined 

  3. memberikan catatan dengan menuliskan di bagian teks tersebut “alasan berhijrah” undefined 

  4. menggabungkan informasi tersebut dengan informasi dari informan yang memiliki jawaban sama undefined 

  5. mengecek di bagian lembar observasi untuk mengecek kesesuain data dengan argumen informan undefined 

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Pembahasan

Proses coding bisa dilakukan secara manual atau menggunakan software analisis data kualitatif. Pada tahap ini peneliti harus memberikan tanda atau kode pada teks atau narasi yang didapatkan dari informan. Hal ini berguna untuk mempermudah dalam menerjemahkan jawaban informan dengan rumusan masalah peneliti. Sehingga, jawaban yang tepat adalah memberikan catatan dengan menuliskan di bagian teks tersebut “alasan berhijrah” . Kalimat 'alasan berhijrah'bisa menjadi salah satu bagian yang dituliskan ke dalam tabel sebagai bentuk hasil coding . Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Proses coding bisa dilakukan secara manual atau menggunakan software analisis data kualitatif. Pada tahap ini peneliti harus memberikan tanda atau kode pada teks atau narasi yang didapatkan dari informan. Hal ini berguna untuk mempermudah dalam menerjemahkan jawaban informan dengan rumusan masalah peneliti. Sehingga, jawaban yang tepat adalah memberikan catatan dengan menuliskan di bagian teks tersebut “alasan berhijrah”. Kalimat 'alasan berhijrah' bisa menjadi salah satu bagian yang dituliskan ke dalam tabel sebagai bentuk hasil coding.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

93

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam menentukan topik, sebenarnya akan memengaruhi peneliti dalam melakukan penelitiannya. Sehingga, sebagai seorang peneliti dianjurkan untuk ....

9

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia