Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks prosedur berikut! Nyalakan api dengan ukuran sedang. (2) Lalu, letakkan wajan di atas kompor dan masukkan minyak goreng. (3) Setelah minyak goreng panas, pecahkan telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan. (4) Taburi telur dengan garam secukupnya. (5) Balik telur menggunakan spatula dan tunggu hingga matang. Persamaan akhiran yang terdapat pada kalimat (2) dan (4) adalah ….

Perhatikan kutipan teks prosedur berikut!

Nyalakan api dengan ukuran sedang. (2) Lalu, letakkan wajan di atas kompor dan masukkan minyak goreng. (3) Setelah minyak goreng panas, pecahkan telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan. (4) Taburi telur dengan garam secukupnya. (5) Balik telur menggunakan spatula dan tunggu hingga matang.

 

Persamaan akhiran yang terdapat pada kalimat (2) dan (4) adalah ….

  1. digunakan jika objek dalam kalimatnya tidak bergerak

  2. digunakan jika objek dalam kalimatnya bergerak

  3. berfungsi untuk memperjelas maksud kalimat

  4. berfungsi untuk mengubah makna kata menjadi bermakna perintah

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Akhiran atau sufiks merupakan salah satu jenis imbuhan. Kata yang memiliki akhiran pada kalimat 2 adalah letak kan (akhiran -kan ), sedangkan pada kalimat 4 adalah tabur i (akhiran -i ). Persamaan : akhiran -kan dan -i sama-sama berfungsi untuk mengubah makna kata menjadi bermakna perintah. Kata letakkan dan taburi memiliki makna perintah. Perbedaan : Akhiran -kan digunakan jika objek dalam kalimatnya bergerak (wajan dalam kalimat 2 bergerak atau berpindah tempat; maksudnya, wajan semula berada di tempat lain, kemudian diletakkan di atas kompor). Akhiran -i digunakan jika objek dalam kalimatnya tidak bergerak (telur dalam kalimat 4 tidak bergerak atau tetap berada pada tempatnya; benda yang bergerak pada kalimat 4 adalah garam yang ditaburkan di atas telur). Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.

Akhiran atau sufiks merupakan salah satu jenis imbuhan. Kata yang memiliki akhiran pada kalimat 2 adalah letakkan (akhiran -kan), sedangkan pada kalimat 4 adalah taburi (akhiran -i).

  • Persamaan: akhiran -kan dan -i sama-sama berfungsi untuk mengubah makna kata menjadi bermakna perintah. Kata letakkan dan taburi memiliki makna perintah.
  • Perbedaan:
    • Akhiran -kan digunakan jika objek dalam kalimatnya bergerak (wajan dalam kalimat 2 bergerak atau berpindah tempat; maksudnya, wajan semula berada di tempat lain, kemudian diletakkan di atas kompor).
    • Akhiran -i digunakan jika objek dalam kalimatnya tidak bergerak (telur dalam kalimat 4 tidak bergerak atau tetap berada pada tempatnya; benda yang bergerak pada kalimat 4 adalah garam yang ditaburkan di atas telur).

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.

559

4.6 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut! Setelah itu, ulangi kegiatan sampai adonan singkong tercampur rata. Lalu, beri tetesan pewarna sesuai selera. Kata berakhiran -i yang terdapat dalam kutipan di ata...

185

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia