Roboguru

Perhatikan kutipan teks pidato berikut! Kami mengajak saudara-saudara sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana saudara semua tinggal. Suatu saat nanti alampun akan melindungi semua saudara kalian.   Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Kami mengajak saudara-saudara sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana saudara semua tinggal. Suatu saat nanti alampun akan melindungi semua saudara kalian.
 

Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah ...

  1. Kami mengajak Saudara-saudara untuk menjaga kelestarian alam tempat saudara tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi saudara.

  2. Kami mengajak Saudara sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana saudara semua tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi saudara kalian.

  3. Kami mengajak sekalian untuk menjaga kelestarian alam di mana semua Saudara tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi semua.

  4. Kami mengajak Saudara untuk menjaga kelestarian alam di mana semua tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi semuanya.

Pembahasan Soal:

Kutipan teks pidato tersebut tidak efektif karena banyak terdapat kata-kata yang tidak perlu yang dimasukkan ke dalam kalimat seperti saudara-saudara sekalian. Selain itu, terdapat kata di mana yang tidak tepat dimasukkan ke dalam kalimat pernyataan. Penempatan kata pun pada kata alampun juga kurang tepat. Jadi, perbaikan sapaan pada kutipan pidato tersebut adalah (A) Kami mengajak Saudara-saudara untuk menjaga kelestarian alam tempat saudara tinggal. Suatu saat nanti alam pun akan melindungi saudara. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved