Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 4! (1) Masyarakat sebaiknya mencegah diabetes dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan aktif berolahraga, mengurangi minuman manis dan bersoda, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta menghindari obesitas atau kegemukan. (2) Dengan gaya hidup sehat, kadar gula anak diharapkan tetap berada dalam batas normal sehingga diabetes tidak menyerang. (3) Dengan demikian, pencegahan diabetes harus dilakukan sejak dini dan orang tua perlu membimbing anaknya untuk menerapkan gaya hidup sehat. Jenis kata ajakan atau kata persuasi yang terdapat pada kalimat (2) adalah ….

Perhatikan kutipan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 4!

(1) Masyarakat sebaiknya mencegah diabetes dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan aktif berolahraga, mengurangi minuman manis dan bersoda, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta menghindari obesitas atau kegemukan. (2) Dengan gaya hidup sehat, kadar gula anak diharapkan tetap berada dalam batas normal sehingga diabetes tidak menyerang. (3) Dengan demikian, pencegahan diabetes harus dilakukan sejak dini dan orang tua perlu membimbing anaknya untuk menerapkan gaya hidup sehat.

 

Jenis kata ajakan atau kata persuasi yang terdapat pada kalimat (2) adalah ….

  1. kata persuasi tersurat

  2. kata persuasi tersirat

  3. kata persuasi umum

  4. kata persuasi khusus

Iklan

H. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Kata ajakan atau kata persuasi adalah kata-kata yang digunakan untuk mengajak, membujuk, atau mengimbau pembaca maupun pendengar. Kata ajakan atau kata persuasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut. Persuasi tersurat (langsung), misalnya ayo dan mari. Persuasi tersirat (tidak langsung), misalnya sebaiknya, hendaklah, hendaknya, dan diharapkan. Dalam kalimat (2) kutipan di atas, terdapat satu kata persuasi, yaitu diharapkan . Kata diharapkan termasuk jenis kata persuasi tersirat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Kata ajakan atau kata persuasi adalah kata-kata yang digunakan untuk mengajak, membujuk, atau mengimbau pembaca maupun pendengar. Kata ajakan atau kata persuasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Persuasi tersurat (langsung), misalnya ayo dan mari.
  • Persuasi tersirat (tidak langsung), misalnya sebaiknya, hendaklah, hendaknya, dan diharapkan.

Dalam kalimat (2) kutipan di atas, terdapat satu kata persuasi, yaitu diharapkan. Kata diharapkan termasuk jenis kata persuasi tersirat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Mengenal Teks Persuasi

Kebahasaan Teks Persuasi

Menganalisis Teks Persuasi

Menyusun Teks Persuasi

50

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! Masyarakat mungkin sudah tahu bahwa kondisi lingkungan Kota Jakarta yang makin memprihatinkan perlu segera diatasi. Bany...

323

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia