Perhatikan kutipan teks berikut!     Tahun 2019 adalah tahun yang penuh ketidakpastian akibat kebijakan ekonomi dan politik Amerika Serikat, baik melahtih perang dagang dengan Tiongkok dan berbagai negara lainnya, serta arah kebijakan bank sentral AS, The Fed. Selain itu, kondisi geopolitik di berbagai belahan dunia, termasuk Brexit, eskalasi ketegangan di Timur Tengah, dan belahan dunia lain menambah risiko ketidakpastian global. [....] Berbagai negara, termasuk Jerman dan Singapura, sempat mengalami kontraksi ekonomi. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan India juga mengalami pelemahan. Pertumbuhan ekonomi global selama 2019 merupakan yang terburuk sejak krisis keuangan global 2009.     Sebagai ekonomi yang terbuka, ketidakpastian global tersebut juga turut menekan pertumbuhan ekonomi Indonsia selama 2019 melalui jalur ekspor, impor, dan investasi. Namun, pertumbuhan  ekonomi Indonesia pada 2019 masih bertahan dan diperkiraan mencapai 5,1 %, tingkat yang relatif baik dibandingkan negara negara lain di dunia, khususnya diantara ekonomi G20. Daya tahan ekonomi Indonesia di tengah volatilitas ekonomi global menjadi fondasi kuat bagi optimisme memasuki 2020. Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada. Akibat perang dagang AS-RRT, sektor manufaktur di berbagai negara masih konsisten berada di zona kontraksi, mengindikasikan masih adanya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi ke depan. Pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian geopolitlk juga menyebabkan harga komoditas yang cenderung tertekan sepanjang tahun 2019. Nilai tukar terhadap dolar Amerika di berbagai negara di dunia yang sempat bergejolak sepanjang 2018 serta sebagian 2019 mulai menunjukkan stabilitas dan cenderung menguat menjelang akhir 2019. Hal ini seiring dengan penurunan suku bunga di berbagai negara dan meningkatnya likuiditas global. Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/280860-optimismedi-tengah-ciinamika-ekonom/-g/obal/, diunduh 5 Maret 2020. Ide pokok paragraf kedua artikel tersebut adalah...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


    Tahun 2019 adalah tahun yang penuh ketidakpastian akibat kebijakan ekonomi dan politik Amerika Serikat, baik melahtih perang dagang dengan Tiongkok dan berbagai negara lainnya, serta arah kebijakan bank sentral AS, The Fed. Selain itu, kondisi geopolitik di berbagai belahan dunia, termasuk Brexit, eskalasi ketegangan di Timur Tengah, dan belahan dunia lain menambah risiko ketidakpastian global. [....] Berbagai negara, termasuk Jerman dan Singapura, sempat mengalami kontraksi ekonomi. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan India juga mengalami pelemahan. Pertumbuhan ekonomi global selama 2019 merupakan yang terburuk sejak krisis keuangan global 2009.

    Sebagai ekonomi yang terbuka, ketidakpastian global tersebut juga turut menekan pertumbuhan ekonomi Indonsia selama 2019 melalui jalur ekspor, impor, dan investasi. Namun, pertumbuhan  ekonomi Indonesia pada 2019 masih bertahan dan diperkiraan mencapai 5,1 %, tingkat yang relatif baik dibandingkan negara negara lain di dunia, khususnya diantara ekonomi G20. Daya tahan ekonomi Indonesia di tengah volatilitas ekonomi global menjadi fondasi kuat bagi optimisme memasuki 2020. Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada. Akibat perang dagang AS-RRT, sektor manufaktur di berbagai negara masih konsisten berada di zona kontraksi, mengindikasikan masih adanya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi ke depan. Pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian geopolitlk juga menyebabkan harga komoditas yang cenderung tertekan sepanjang tahun 2019. Nilai tukar terhadap dolar Amerika di berbagai negara di dunia yang sempat bergejolak sepanjang 2018 serta sebagian 2019 mulai menunjukkan stabilitas dan cenderung menguat menjelang akhir 2019. Hal ini seiring dengan penurunan suku bunga di berbagai negara dan meningkatnya likuiditas global.

Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/280860-optimismedi-tengah-ciinamika-ekonom/-g/obal/, diunduh 5 Maret 2020.


Ide pokok paragraf kedua artikel tersebut adalah...undefined 

  1. pelemahan ekonomi dunia menyebabkan harga komoditas cenderung tertekanundefined 

  2. pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 diperkirakan mencapai 5,1%undefined 

  3. ketidakpastiim global menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019undefined 

  4. pertumbuhan ekonomi dan perdagangan dunia mengalami tekananundefined 

  5. pertumbuhan ekonomi global tahun 2019 termasuk paling burukundefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Pada paragraf kedua kalimat pertama terdapat kutipan "Sebagai ekonomi yang terbuka, ketidakpastian global tersebut juga turut menekan pertumbuhan ekonomi Indonsia selama 2019 melalui jalur ekspor, impor, dan investasi.". 
Setelah kalimat tersebut paragraf kedua fokus membahas pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 yang dipengaruhi oleh ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global. Jadi, ide pokok dari paragraf kedua adalah ketidakpastian global menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2019. 

Jawaban : 

C. Ketidakpastian global menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2019.  

163

5.0 (4 rating)

Pertanyaan serupa

Dalam artikel yang disajikan dengan pola masalah dan pemecahannya, masalah dianalisis sesuai dengan ....

70

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia