Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Kebakaran Hutan     Kebakaran hutan merupakan salah satu peristiwa yang berdampak cukup besar bagi lingkungan hidup. Penyebab kebakaran hutan dapat terjadi secara alami dan juga ulah manusia. Faktor kebakaran secara alami disebabkan pepohonan yang terkena sambaran petir, musim kemarau yang berkepanjangan, dan letusan gunung  berapi. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh fenomena alam sangat sulit diprediksi dan dapat terjadi tiba-tiba. Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia dapat terjadi karena sisa api unggun di hutan, membuang puntung rokok yang masih menyala di hutan, dan perluasan lahan pertanian dengan cara tebang pakai. Selatn itu, kebakaran hutan dapat terjadi karena faktor regulasi pemerintahan terkait pembakaran hutan yang lemah sehingga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.     Terjadinya kebakaran hutan tidak menimbulkan dampak yang positif.  Dampak yang terjadi sangat merugikan ekosistem di sekitarnya. Kerusakan ekosistem hutan sangat memengaruhi kelestarian flora dan fauna. Asap hasil kebakaran dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan penglihatan. Dampak yang cukup berpengaruh besar adalah berpotensi terjadinya pemanasan global akibat gas karbon dioksida yang tersebar ke udara dalam jumlah besar.     Upaya yang dapat dilakukan untuk memulihkan hutan yang terbakar di antaranya melakukan reboisasi dengan menanam bibit tanaman pada area yang masih subur. Selain itu, menebang pohon yang sudah memasuki usia tebang menjadi solusi memperbaiki kondisi hutan. Tindakan-tindakan·tersebut dapat dilakukan untuk mengembalikan kelestarian hutan yang terbakar meskipun akan memakan waktu yang tidak sebentar. Disadur dari: https://rimbakita.com/kebakaran-hutan/, diunduh 21 Januari 2020 lstilah untuk kegiatan menebang pohon yang sudah memasuki usia tebang adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut ini!


Kebakaran Hutan

    Kebakaran hutan merupakan salah satu peristiwa yang berdampak cukup besar bagi lingkungan hidup. Penyebab kebakaran hutan dapat terjadi secara alami dan juga ulah manusia. Faktor kebakaran secara alami disebabkan pepohonan yang terkena sambaran petir, musim kemarau yang berkepanjangan, dan letusan gunung  berapi. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh fenomena alam sangat sulit diprediksi dan dapat terjadi tiba-tiba. Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia dapat terjadi karena sisa api unggun di hutan, membuang puntung rokok yang masih menyala di hutan, dan perluasan lahan pertanian dengan cara tebang pakai. Selatn itu, kebakaran hutan dapat terjadi karena faktor regulasi pemerintahan terkait pembakaran hutan yang lemah sehingga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Terjadinya kebakaran hutan tidak menimbulkan dampak yang positif.  Dampak yang terjadi sangat merugikan ekosistem di sekitarnya. Kerusakan ekosistem hutan sangat memengaruhi kelestarian flora dan fauna. Asap hasil kebakaran dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan penglihatan. Dampak yang cukup berpengaruh besar adalah berpotensi terjadinya pemanasan global akibat gas karbon dioksida yang tersebar ke udara dalam jumlah besar.

    Upaya yang dapat dilakukan untuk memulihkan hutan yang terbakar di antaranya melakukan reboisasi dengan menanam bibit tanaman pada area yang masih subur. Selain itu, menebang pohon yang sudah memasuki usia tebang menjadi solusi memperbaiki kondisi hutan. Tindakan-tindakan·tersebut dapat dilakukan untuk mengembalikan kelestarian hutan yang terbakar meskipun akan memakan waktu yang tidak sebentar.

Disadur dari: https://rimbakita.com/kebakaran-hutan/, diunduh 21 Januari 2020


lstilah untuk kegiatan menebang pohon yang sudah memasuki usia tebang adalah ....undefined 

  1. reboisasiundefined 

  2. teraseringundefined 

  3. tebang pilihundefined 

  4. tebang tanamundefined 

  5. tebang rawatundefinedundefined 

Pembahasan:

lstilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu makna, konsep proses, keadaan, atau sifat khas dalam bidang tertentu. Dalam teks eksplanasi istilah-istilah teknis sering digunakan. lstilah untuk kegiatan menebang pohon yang sudah memasuki usia tebang adalah reboisasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

K. Herwinda

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 27 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang ternyata lebih subur dan tahan terhadap penyakit. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuj dengan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat lebih kuat ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved