Perhatikan kutipan teks berikut!        Buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah berisi penjelasan tentang sampah, seperti pengertian sampah, cara menanggulangi sampah, dan kota yang menghasilkan sampah terbanyak. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sampah adalah  suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Sampah dipisah menjadi sampah organik atau sampah yg berasal dari makhluk hidup dan anorganik atau sampah yang tidak dapat terurai.      Buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah juga menjelaskan tentang sumber masalah sampah. Sampah menjadi persoalan rumit, ketidakdisiplinan mengenai kebersihan dapat menciptakan suasana semrawut akibat timbunan sampah. [...]. Hampir setiap tahun kota impian para pendatang ini dikunjungi banjir.      Selain itu, buku tersebut juga membahas tentang cara memproses sampah, yakni dengan menampung sampah dan menyediakan dua tempat sampah kering dan basah, mengumpulkan dan membuang sampah, serta mengelola sampah.      Bukan hanya menjelaskan tentang pengertian, sumber masalah, dan cara pemrosesan sampah, buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah juga menjabarkan aneka hasil olahan sampah, yakni berupa pupuk kompos, pupuk cair, briket, biogas, dan batako. Buku ini bermanfaat bagi permasalahan sampah yang saat ini menjadi masalah utama, terutama di kota-kota besar di Indonesia.   Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!
 

     Buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah berisi penjelasan tentang sampah, seperti pengertian sampah, cara menanggulangi sampah, dan kota yang menghasilkan sampah terbanyak. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sampah adalah  suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Sampah dipisah menjadi sampah organik atau sampah yg berasal dari makhluk hidup dan anorganik atau sampah yang tidak dapat terurai.

     Buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah juga menjelaskan tentang sumber masalah sampah. Sampah menjadi persoalan rumit, ketidakdisiplinan mengenai kebersihan dapat menciptakan suasana semrawut akibat timbunan sampah. [...]. Hampir setiap tahun kota impian para pendatang ini dikunjungi banjir.

     Selain itu, buku tersebut juga membahas tentang cara memproses sampah, yakni dengan menampung sampah dan menyediakan dua tempat sampah kering dan basah, mengumpulkan dan membuang sampah, serta mengelola sampah.

     Bukan hanya menjelaskan tentang pengertian, sumber masalah, dan cara pemrosesan sampah, buku Penanganan dan Pengelolaan Sampah juga menjabarkan aneka hasil olahan sampah, yakni berupa pupuk kompos, pupuk cair, briket, biogas, dan batako. Buku ini bermanfaat bagi permasalahan sampah yang saat ini menjadi masalah utama, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah ...

  1. Bukan hanya itu, tumpukan sampah tersebut juga menyebabkan bau busuk di sekitar jalan.

  2. Banyak pengemudi dan pejalan kaki yang membuang bungkus makanan sembarangan yang mengakibatkan banyaknya sampah di pinggir jalan.

  3. Meskipun banyaknya sampah di pinggir jalan, kota ini masih diimpi-impikan para pendatang.

  4. Timbunan sampah tersebut tak jarang menjadi sumber penyakit bagi warga yang tinggal di sekitarnya.

  5. Pada musim hujan, sampah terlantar dapat menjadi momok paling menakutkan.

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat rumpang yang tepat untuk melengkapi paragraf kedua teks di atas terdapat pada pilihan jawaban E.

Pembahasan

Teks di atas membahas sebuah buku yang menjelaskan tentang sampah, baik sumber sampah, cara penanganan, dan cara pengelolaannya agar tidak lagi menjadi masalah besar di kota-kota besar. Terdapat kalimat rumpang pada kalimat ketiga paragraf kedua kutipan teks di atas. Untuk mengisi kalimat rumpang yang sesuai dengan konteks paragraf, harus memahami bagian sebelum rumpang dan setelah rumpang terlebih dahulu. Bagian sebelum rumpang membahas tentang suasana semrawut yang ditimbulkan akibat timbunan sampah. Bagian setelah rumpang membahas tentang banjir yang melanda kota yang menjadi impian para pendatang. Dengan demikian, kalimat yang tepat untuk melengkapi rumpang adalah Pada musim hujan, sampah terlantar dapat menjadi momok paling menakutkan. Hal tersebut telah sesuai karena kalimat setelah rumpang membahas mengenai alasan mengapa musim hujan menjadi momok paling menakutkan, yakni bencana banjir.

Jadi, kalimat rumpang yang tepat untuk melengkapi paragraf kedua teks di atas terdapat pada pilihan jawaban E.

46

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut!        Bukik Setiawan dan Andrie Firdaus, penulis buku Bakat Bukan Takdir membahas cara orang tua dapat mendidik anak dengan baik dengan menyesuaikan zaman yang serba...

26

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia