Roboguru
SD

Perhatikan kutipan teks berikut!      (1) Menghapus sunyi, aku menepuk-nepuk tanah di bawah pinus. (2) Tak sengaja aku menyentuh benda kecil yang agak keras. (3) Ku korek benda yang tertancap di tanah tersebut tanpa sadar. (4) Tak kusangka, benda itu sebuah cincin lusuh bertahta batu berwarna bening yang agak berkilau.     (5) Seketika aku terkejut. (6) Mengambil tangan Adi untuk memberi tahu temuanku. (7) Belum lama ku rengkuh tangan Adi, cincin itu tiba-tiba menyala putih. (8) Mata kami silau. (9) Aku dan sahabat baikku tersentak kebelakang, tak kuasa memandang cahaya putih yang dikeluarkan benda kecil asing yang kutemukan. (10) “Aaaaaah, cahaya apa ini?” teriak Adi.     (11) Aku bingung menjawab. (12) Entah apa yang sebenarnya terjadi saat itu. (13) Setelah nyala putih dari cicin mereda, aku dan Adi terperangah. (14) Kami berdua berada di sebuah gubuk tua zaman dahulu. (15) Atapnya terbuat dari anyaman daun kelor dan tiang-tiang penyangga bangunannya terbuat dari bambu dengan kombinasi kayu yang entah apa namanya. (16) Asing. (17) Baru pertama kali aku melihatnya langsung.     (18) Aku dan Adi menoleh ke berbagai arah. (19) Di sana sepi. (20) Padahal cuaca begitu terik. (21) Tidak ada orang yang berlalu lalang seperti di komplek kami tinggal.     (22) “Bayu, kita ada dimana?” tanya Adi padaku ketakutan. (23) Sekali lagi aku tidak tahu harus menjawab apa. (24) Aku bingung. (25) Tempat itu baru bagiku. (26) Hari yang awalnya malam, tiba-tiba menjadi terik di siang hari. (27) Kami dibuat jantungan saat seorang kakek tua dengan jenggotnya yang panjang menghampiri kami keluar dari gubuk tua. (28) “Untuk apa kalian kemari anak muda?” ucap sang kakek sambil terbata. Kalimat yang memuat kata penanda keterkejutan terdapat pada paragraf ... kalimat nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! 


    (1) Menghapus sunyi, aku menepuk-nepuk tanah di bawah pinus. (2) Tak sengaja aku menyentuh benda kecil yang agak keras. (3) Ku korek benda yang tertancap di tanah tersebut tanpa sadar. (4) Tak kusangka, benda itu sebuah cincin lusuh bertahta batu berwarna bening yang agak berkilau.

    (5) Seketika aku terkejut. (6) Mengambil tangan Adi untuk memberi tahu temuanku. (7) Belum lama ku rengkuh tangan Adi, cincin itu tiba-tiba menyala putih. (8) Mata kami silau. (9) Aku dan sahabat baikku tersentak kebelakang, tak kuasa memandang cahaya putih yang dikeluarkan benda kecil asing yang kutemukan. (10) “Aaaaaah, cahaya apa ini?” teriak Adi.

    (11) Aku bingung menjawab. (12) Entah apa yang sebenarnya terjadi saat itu. (13) Setelah nyala putih dari cicin mereda, aku dan Adi terperangah. (14) Kami berdua berada di sebuah gubuk tua zaman dahulu. (15) Atapnya terbuat dari anyaman daun kelor dan tiang-tiang penyangga bangunannya terbuat dari bambu dengan kombinasi kayu yang entah apa namanya. (16) Asing. (17) Baru pertama kali aku melihatnya langsung.

    (18) Aku dan Adi menoleh ke berbagai arah. (19) Di sana sepi. (20) Padahal cuaca begitu terik. (21) Tidak ada orang yang berlalu lalang seperti di komplek kami tinggal.

    (22) “Bayu, kita ada dimana?” tanya Adi padaku ketakutan. (23) Sekali lagi aku tidak tahu harus menjawab apa. (24) Aku bingung. (25) Tempat itu baru bagiku. (26) Hari yang awalnya malam, tiba-tiba menjadi terik di siang hari. (27) Kami dibuat jantungan saat seorang kakek tua dengan jenggotnya yang panjang menghampiri kami keluar dari gubuk tua. (28) “Untuk apa kalian kemari anak muda?” ucap sang kakek sambil terbata.


Kalimat yang memuat kata penanda keterkejutan terdapat pada paragraf ... kalimat nomor ....undefined 

  1. kedua, (9)undefined 

  2. kelima, (26)undefined 

  3. ketiga, (13)undefined 

  4. pertama, (3)undefined  

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Salah satu unsur kebahasaan dalam teks cerita fantasi adalah kata penunjuk keterkejutan. Kata penunjuk keterkejutan menjadi petunjuk dalam suatu kalimat yang di dalamnya terdapat suasana atau peristiwa mengejutkan. Kata penunjuk yang terdapat pada kutipan di atas, yaitu tak sengaja, tak kusangka, dan tiba-tiba. Kata tak sengaja terdapat pada kalimat (2) paragraf pertama. Kata tak kusangka terdapat pada paragraf pertama kalimat (4). Lalu, kata tiba-tiba terdapat pada paragraf kedua kalimat (7) dan paragraf kelima kalimat (26). Dengan demikian, kata penunjuk keterkejutan pada kutipan di atas terdapat pada paragraf pertama kalimat (2) dan (4), paragraf kedua kalimat (7), dan paragraf kelima kalimat (26). 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

21

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks cerita fantasi berikut!  Legenda Sang Dewi Bulan     Legenda sang dewi bulan dimulai dengan kisah seorang gadis yang bernama Candra Jelita. Ia adalah seorang putri dari sepasang sua...

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia