Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Media komunikasi terbagi atas tiga macam, media massa cetak, media massa elektronik dan media massa online. (2) Contoh media massa cetak antara lain koran dan majalah. (3) Media massa elektronik terdiri dari radio dan televisi. (4) Media massa online dapat berupa website dan portal berita. (5) Semua jenis media massa di atas dapat digunakan untuk kepentingan mencari kekuasaan. Perbaikan yang tepat untuk kutipan di atas adalah ....

Perhatikan kutipan teks berikut! 


(1) Media komunikasi terbagi atas tiga macam, media massa cetak, media massa elektronik dan media massa online. (2) Contoh media massa cetak antara lain koran dan majalah. (3) Media massa elektronik terdiri dari radio dan televisi. (4) Media massa online dapat berupa website dan portal berita. (5) Semua jenis media massa di atas dapat digunakan untuk kepentingan mencari kekuasaan.


Perbaikan yang tepat untuk kutipan di atas adalah ....

  1. menulis kata online tanpa huruf cetak miringundefined 

  2. menambahkan tanda petik (“...”) untuk mengapit kata websiteundefined 

  3. mengganti kata massa pada kalimat 1 hingga kalimat 5 menjadi masaundefined 

  4. menambahkan tanda koma (,) setelah kata elektronik pada kalimat 1undefined 

  5. menulis kata di atas pada kalimat 5 menjadi diatas (tanpa spasi)undefined 

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan

Kutipan makalah di atas perlu disunting karena terdapat kesalahan penulisan di dalamnya. Kesalahan tersebut terdapat pada kalimat 1. Perbaikan dapat dilakukan dengan menambahkan tanda koma (,) setelah kata elektronik. Hal itu sesuai dengan aturan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang menyebutkan bahwa salah satu fungsi tanda koma adalah dipakai di antara unsur-unsur pemerincian atau pembilangan. Dalam kalimat 1 terdapat pemerincian mengenai jenis media komunikasi. Pilihan A tidak tepat karena penulisan kata online termasuk dalam bahasa asing yang perlu ditulis dengan huruf miring. Pilihan B tidak tepat karena penulisan kata website tidak perlu menggunakan tanda petik, cukup ditulis dengan huruf miring. PIlihan C tidak tepat karena penulisan kata massa sudah sesuai dengan kaidah ejaan dalam bahasa Indonesia. PIlihan E tidak tepat karena penulisan jata di atas sudah sesuai dengan kaidah ejaan dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Kutipan makalah di atas perlu disunting karena terdapat kesalahan penulisan di dalamnya. Kesalahan tersebut terdapat pada kalimat 1. Perbaikan dapat dilakukan dengan menambahkan tanda koma (,) setelah kata elektronik. Hal itu sesuai dengan aturan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang menyebutkan bahwa salah satu fungsi tanda koma adalah dipakai di antara unsur-unsur pemerincian atau pembilangan. Dalam kalimat 1 terdapat pemerincian mengenai jenis media komunikasi.

  • Pilihan A tidak tepat karena penulisan kata online termasuk dalam bahasa asing yang perlu ditulis dengan huruf miring.
  • Pilihan B tidak tepat karena penulisan kata website tidak perlu menggunakan tanda petik, cukup ditulis dengan huruf miring. 
  • PIlihan C tidak tepat karena penulisan kata massa sudah sesuai dengan kaidah ejaan dalam bahasa Indonesia.
  • PIlihan E tidak tepat karena penulisan jata di atas sudah sesuai dengan kaidah ejaan dalam bahasa Indonesia.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

36

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kerangka makalah berikut! Judul: PENGGUNAAN BAHASA DALAM MEDIA MASSA DI INDONESIA (Sebuah Kajian Ilmu Sosial Budaya) Poin penting yang akan digunakan: Konsep bahasa da...

70

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia