Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan kutipan peribahasa berikut!


“Bagai air di daun talas”


Ilustrasi kutipan cerpen yang tepat berdasarkan peribahasa di atas adalah ....

  1. Di bawah langit mendung, dua anak perempuan saling berteriak mempertahankan ego masing-masing. Salah satu di antaranya menangis sambil meminta penjelasan mengapa ia tega mempermalukannya di depan umum dan menuduh telah mengambil uang milik temannya tersebut. Anak perempuan bernama Ayu itu tidak menyangka bahwa sahabat yang selama ini selalu ia bantu telah mengkhianatinya.

  2. Sebentar lagi ujian nasional akan dilangsungkan. Dandi sangat giat dalam belajar. Sepulang sekolah, Dandi selalu mengerjakan latihan soal. Tidak lupa, ia mengulang lagi materi yang dipelajari di sekolah. Setiap sore dan malam hari, Dandi belajar dengan dibimbing oleh kakaknya. Ia juga tidak lupa untuk berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar ia lulus UN dan masuk SMA Negeri favorit. Akhirnya semua usahanya tidak sia-sia. Dia lulus dengan hasil terbaik dan masuk SMA favorit yang diinginkan.
     

  3. Pak Adnan seorang buruh harian dengan upah Rp. 40.000,00 per hari. Dia dikaruniai 3 orang anak yang masih sekolah. Istrinya sakit-sakitan. Anaknya tidak mengerti keadaan orang tuanya. Mereka meminta HP yang canggih. Pak Adnan terpaksa meminjam uang ke rentenir. Uang gajinya tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Terpaksa ia gali lubang tutup lubang.

  4. Saskia anak yang tidak pernah tetap pendiriannya. Hari ini dia mengatakan suka menari. Besok pagi dia tidak suka menari, tapi dia suka bermain karate. Keinginannya selalu berubah-ubah.

  5. Karimatus selalu memiliki keinginan yang besar, sampai-sampai ia tak sadar bahwa ada kesempatan bagus di hadapannya dan ia lewatkan begitu saja. Pemikiran yang sangat jauh membuatnya kehilangan kesempatan yang sudah ada di depan mata. Karena sikapnya itulah ia sering gagal dalam beberapa hal.  

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Peribahasa “Bagai air di daun talas” memiliki makna selalu berubah-ubah atau seseorang yang tidak tetap pendiriannya. Ilustrasi yang tepat untuk menggambarkan peribahasa tersebut adalah Trida anak yang tidak pernah tetap pendiriannya. Hari ini dia mengatakan suka menari. Besok pagi dia tidak suka menari, tapi dia suka bermain karate. Keinginannya selalu berubah-ubah. Peribahasa yang tepat untuk pilihan jawaban A adalah Air susu dibalas dengan air tuba, sedangkan peribahasa untuk pilihan jawaban B adalah Berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang kemudian. Sementara itu, peribahasa yang tepat untuk pilihan jawaban C adalah Besar pasak daripada tiang dan pilihan jawaban E cocok dengan peribahasa Gajah di pelupuk mata tak tampak, sementara semut di seberang lautan tampak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

162

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan cerpen berikut! Seorang gadis kecil yang tertidur pulas di kamar yang begitu luas untuk anak kecil seukurannya. Sang mentari mulai tersenyum menyapa dunia pagi ini ditemani nyanyia...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia