Perhatikan kutipan novel Bidadari Surga karya Tere Liye berikut! Keliru. Bukan dari siapa pertanyaan tepatnya Ikanuri dan Wibisana barusan. Tapi lebih tepat: ada apa? Apa yang terjadi? Wajah mereka berdua mendadak mengeras, cemas, SMS? Ini pasti Mamak Lainuri. Yang lain pasti selalu menelepon jika ada urusan penting. Bukankah seumur-umur Mamak tidak pernah mengirimkan SMS. Menggunakan HP-nya saja, Mamak tak mahir benar. Jika Mamak yang kirim, ini pasti penting sekali. Tangan Ikanuri dan Wibisana sedikit terburu-buru menekan tombol open. Gagap membaca kalimat-kalimatnya. Mengigit bibir. Terdiam. Lantas bersitatap lemah satu sama lain lagi. Satu detik. Dua detik. Lima detik. Senyap. Berdiri diam di antara sibuknya gerakan 198 penumpang beranjak turun. Dan seperti sontak diperintahkan, mereka berbarengan melangkah mendekati pramugari. Mendorong-dorong penumpang lain. Bersikutan. Lupa sudah dengan koper-koper. Lupa sudah dengan janji pertemuan bisnis yang penting, besok pagi. Lupa dengan segalanya. Ikanuri terbata berkata: "Il Volo.. per Jakarta.. C'e un volo per Jakarta questa sera?" Apa ada... penerbangan kembali ke Jakarta... malam ini juga? Nilai yang terkandung dalam kutipan novel di atas, yaitu ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan novel Bidadari Surga karya Tere Liye berikut!

Keliru. Bukan dari siapa pertanyaan tepatnya Ikanuri dan Wibisana barusan. Tapi lebih tepat: ada apa? Apa yang terjadi? Wajah mereka berdua mendadak mengeras, cemas, SMS? Ini pasti Mamak Lainuri. Yang lain pasti selalu menelepon jika ada urusan penting. Bukankah seumur-umur Mamak tidak pernah mengirimkan SMS. Menggunakan HP-nya saja, Mamak tak mahir benar. Jika Mamak yang kirim, ini pasti penting sekali.

Tangan Ikanuri dan Wibisana sedikit terburu-buru menekan tombol open. Gagap membaca kalimat-kalimatnya. Mengigit bibir. Terdiam. Lantas bersitatap lemah satu sama lain lagi. Satu detik. Dua detik. Lima detik. Senyap. Berdiri diam di antara sibuknya gerakan 198 penumpang beranjak turun. Dan seperti sontak diperintahkan, mereka berbarengan melangkah mendekati pramugari. Mendorong-dorong penumpang lain. Bersikutan. Lupa sudah dengan koper-koper. Lupa sudah dengan janji pertemuan bisnis yang penting, besok pagi. Lupa dengan segalanya.

Ikanuri terbata berkata: "Il Volo.. per Jakarta.. C'e un volo per Jakarta questa sera?"

Apa ada... penerbangan kembali ke Jakarta... malam ini juga?

Nilai yang terkandung dalam kutipan novel di atas, yaitu ....

  1. nilai moral

  2. nilai pendidikan

  3. nilai sosial

  4. nilai budaya

  5. nilai agama

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Pembahasan

Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah nilai sosial. Nilai sosial dapat diketahui dari kecemasan tokoh Ikanuri dan Wibisana terhadap kabar yang mereka dapat sehingga terburu-buru ingin kembali ke Jakarta. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

23

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di bawah ini yang terdapat pada lampiran dalam laporan diskusi adalah ....

167

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia