Perhatikan kutipan fabel berikut! Pemburu itu membawa raja burung parkit ke pasar. Raja negeri itu yang kebetulan sedang berjalan dan menyapa orang-orang di pasar melihat burung parkit di dalam sangkar. Ia langsung jatuh cinta pada keindahan burung itu. Meskipun pemburu menjualnya dengan harga amat mahal, raja tetap membelinya. Namun, siapa sangka, sesampainya di kerajaan, raja justru melepaskan burung parkit itu. Kata raja itu, “Wahai burung parkit, aku akan melepaskanmu karena aku tahu engkau pasti lebih suka hidup bebas.” Berkat kebaikan raja, burung parkit itu bebas dan kembali ke hutan bersama rakyatnya.   Jika diubah menjadi kalimat tidak langsung, kalimat langsung dalam kutipan fabel di atas akan menjadi …

Pertanyaan

Perhatikan kutipan fabel berikut!

Pemburu itu membawa raja burung parkit ke pasar. Raja negeri itu yang kebetulan sedang berjalan dan menyapa orang-orang di pasar melihat burung parkit di dalam sangkar. Ia langsung jatuh cinta pada keindahan burung itu. Meskipun pemburu menjualnya dengan harga amat mahal, raja tetap membelinya.

Namun, siapa sangka, sesampainya di kerajaan, raja justru melepaskan burung parkit itu. Kata raja itu, “Wahai burung parkit, aku akan melepaskanmu karena aku tahu engkau pasti lebih suka hidup bebas.” Berkat kebaikan raja, burung parkit itu bebas dan kembali ke hutan bersama rakyatnya.

 

Jika diubah menjadi kalimat tidak langsung, kalimat langsung dalam kutipan fabel di atas akan menjadi …

  1. Kata raja, “Burung parkit pasti lebih suka hidup bebas sehingga ia akan melepaskannya.”

  2. Kata raja itu, burung parkit lebih suka hidup bebas. Oleh karena itu, raja rela jika burung parkit kabur dari sangkarnya.

  3. Burung parkit, aku tahu engkau lebih suka hidup bebas sehingga aku aku akan melepaskanmu.

  4. Raja itu berkata bahwa ia akan melepaskan burung parkit karena ia tahu burung parkit lebih suka hidup bebas.

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan secara langsung pada orang yang dituju. Sementara itu, kalimat tidak langsung justru menceritakan kembali pembicaraan ataupun pendapat orang lain. Kalimat langsung ini dapat diubah ke dalam kalimat tidak langsung dengan cara menghilangkan tanda petik, menambahkan kata bahwa jika perlu, dan mengubah kata ganti di dalam kalimatnya.

Kalimat langsung yang terdapat dalam kutipan di atas adalah Kata raja itu, “Wahai burung parkit, aku akan melepaskanmu karena aku tahu engkau pasti lebih suka hidup bebas.” Kalimat langsung tersebut dapat diubah menjadi kalimat tidak langsung sehingga menjadi Raja itu berkata bahwa ia akan melepaskan burung parkit karena ia tahu burung parkit lebih suka hidup bebas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

98

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks fabel berikut! “Terima kasih atas nasihatmu, kami juga akan segera mencari makanan kami,” kata tikus. Tak lama kemudian, semut-semut itu bertemu ayam hutan yang terkenal bersu...

16

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia