Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan esai berikut! Beberapa media massa yang setiap hari, minggu, atau bulan mampu menerbitkan karya sastra adalah surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. Media ini memublikasikan karya sastra, seperti puisi, cerpen, cerbung, cernak, esai, dan kritik. Karya-karya yang segar dan baru yang akan menjadi penyegaran atas beragamnya tulisan seputar berita ekonomi, bencana alam, berita politik, masalah pendidikan dan lain-lain. Karya sastra hadir sebagai oasenya. Sastra terselip di tengah-tengah gersangnya tulisan yang haus akan keestetikaan. Tetap eksisnya media-media yang menerbitkan karya sastra berarti eksis pula dunia sastra. Lewat media, sastra bisa dipublikasikan juga bisa dikritik atau diulas pula. Media yang seperti ini membantu sastrawan berada di puncak zona nyamannya. Keduanya sama-sama mendapat keuntungan. Dengan kerja sama antara penulis dan penerbit pasti akan mendapatkan feedback yang positif. Intinya, keduanya akan sama-sama sukses. Keberadaan sastra akan diakui oleh semua kalangan. Tidak hanya sastrawan, pengkaji sastra, pembaca sastra, tetapi juga semua orang yang menyentuh media massa. Lewat media, karya sastra sernakin eksis dengan manis. Disadur dari: https://sastra-indonesia.'com/2020/03/eksistensi-karyasastra-di-media-massa/, diunduh 21 Maret 2020 Tentukan Ide pokok kutipan esai tersebut!

Perhatikan kutipan esai berikut!


    Beberapa media massa yang setiap hari, minggu, atau bulan mampu menerbitkan karya sastra adalah surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. Media ini memublikasikan karya sastra, seperti puisi, cerpen, cerbung, cernak, esai, dan kritik. Karya-karya yang segar dan baru yang akan menjadi penyegaran atas beragamnya tulisan seputar berita ekonomi, bencana alam, berita politik, masalah pendidikan dan lain-lain. Karya sastra hadir sebagai oasenya. Sastra terselip di tengah-tengah gersangnya tulisan yang haus akan keestetikaan.

    Tetap eksisnya media-media yang menerbitkan karya sastra berarti eksis pula dunia sastra. Lewat media, sastra bisa dipublikasikan juga bisa dikritik atau diulas pula. Media yang seperti ini membantu sastrawan berada di puncak zona nyamannya. Keduanya sama-sama mendapat keuntungan. Dengan kerja sama antara penulis dan penerbit pasti akan mendapatkan feedback yang positif. Intinya, keduanya akan sama-sama sukses. Keberadaan sastra akan diakui oleh semua kalangan. Tidak hanya sastrawan, pengkaji sastra, pembaca sastra, tetapi juga semua orang yang menyentuh media massa. Lewat media, karya sastra sernakin eksis dengan manis.

Disadur dari: https://sastra-indonesia.'com/2020/03/eksistensi-karyasastra-di-media-massa/, diunduh 21 Maret 2020


Tentukan Ide pokok kutipan esai tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ide pokok paragraf pertama: Karya sastra memberikan keuntungan bagi media massa karena memberikan penyegaran dengan tulisan yang penuh estetika. Ide pokok paragraf kedua: Media massa memberikan keuntungan pula bagi dunia sastra karena bisa eksis di masyarakat. Dari kesimpulan tersebut, dapat kita ketahui bahwa ide pokok teks tersebut adalah : Eksisnya media massa membuat dunia sastra lebih eksis, karenamedia massa dan dunia sastra saling memberikan feedback positif.

Ide pokok paragraf pertama:
Karya sastra memberikan keuntungan bagi media massa karena memberikan penyegaran dengan tulisan yang penuh estetika.

Ide pokok paragraf kedua:
Media massa memberikan keuntungan pula bagi dunia sastra karena bisa eksis di masyarakat.

Dari kesimpulan tersebut, dapat kita ketahui bahwa ide pokok teks tersebut adalah
Eksisnya media massa membuat dunia sastra lebih eksis, karena media massa dan dunia sastra saling memberikan feedback positif.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

54

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan antara kritikteoritik dan kritik praktik!

6

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia