Roboguru
SD

Perhatikan kutipan cerpen berikut!     "Pemilik kilang, pengusaha kaya dari kota, melarang Paman Doblo terlalu bermurah hati · kepada penduduk sekitar. Dia hanya dibenarkan memberikan limbah yang berupa kulit kayu kepada anak-anak. Selebihnya harus dikumpulkan karena bisa dijual ke pabrik kertas atau perusahan pembuat genteng."     "Dan Paman Doblo patuh?"     "Papa mulanya tampak tertekan. Namun, kemudian dia laksanakan juga keinginan majikan. Perubahan. pada dirinya pun mulai tampak. Keramahan mulai surut dari wajahnya. Dan kejadian terakhir kemarin malah menyangkut anak lelaki saya yang baru naik kelas 3 SD."     “Anakmu mencuri limbah?"    "Tidak. Layang~layang anak saya tersangkut kawat berduri atas tembok pagar kilang. Ingat, andaikan peristiwa itu terjadi dulu ketika kita masih anak-anak, Paman Dablo tentu akan datang menolong sambil tersenyum."     "Dan terhadap anakmu kemarin?"     "Paman Dablo datang dengan langkah gopoh dan mata membulat sehingga anak saya lari ketakutan sampai terkencing-kencing." Dikutip dari: Ahmad Tohari, "Paman Dablo Merobek Layang-Layang" dalam Mata yang Enak Dipandang, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2013 Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah…

Pertanyaan

Perhatikan kutipan cerpen berikut!


    "Pemilik kilang, pengusaha kaya dari kota, melarang Paman Doblo terlalu bermurah hati · kepada penduduk sekitar. Dia hanya dibenarkan memberikan limbah yang berupa kulit kayu kepada anak-anak. Selebihnya harus dikumpulkan karena bisa dijual ke pabrik kertas atau perusahan pembuat genteng."
    "Dan Paman Doblo patuh?"
    "Papa mulanya tampak tertekan. Namun, kemudian dia laksanakan juga keinginan majikan. Perubahan. pada dirinya pun mulai tampak. Keramahan mulai surut dari wajahnya. Dan kejadian terakhir kemarin malah menyangkut anak lelaki saya yang baru naik kelas 3 SD."
    “Anakmu mencuri limbah?"
   "Tidak. Layang~layang anak saya tersangkut kawat berduri atas tembok pagar kilang. Ingat, andaikan peristiwa itu terjadi dulu ketika kita masih anak-anak, Paman Dablo tentu akan datang menolong sambil tersenyum."
    "Dan terhadap anakmu kemarin?"
    "Paman Dablo datang dengan langkah gopoh dan mata membulat sehingga anak saya lari ketakutan sampai terkencing-kencing."

Dikutip dari: Ahmad Tohari, "Paman Dablo Merobek Layang-Layang" dalam Mata yang Enak Dipandang, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2013


Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah…undefined 

  1. Kenakalan anak SD dan perilaku masyarakat ·yang sering mencuri limbah di tempat Paman Dablo bekerja.undefined 

  2. Paman Dablo tidak patuh  terhadap keinginan majikannya karena bertentangan dengan hati nurani.undefined 

  3. Perusahaan kertas dan pembuat genteg tidak mau memberikan limbah kayu bekas terhadap masyarakat sekitar.undefined 

  4. Kemarahan Paman Dablo terhadap anak SD kelas 3 yang bermain layang-layang di sekitar tempat kerjanya. undefined 

  5. Majikan Paman Dablo mengharuskannya tidak terlalu bermurah hati memberikan sumbangan kepada masyarakat.undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Cerpen dibentuk oleh unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Konflik termasuk ke dalam unsur intrinsik cerpen. Konflik dapat diawali oleh sebuah penyebab yang melatarbelakanginya. Konflik yang terjadi dalam kutipan cerpen tersebut adalah perubahan sikap paman Dalbo dari yang ramah menjadi galak. Konflik tersebut dilatarbelakangi karena paman Dalbo diminta untuk tidak bermurah hati oleh majikannya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.
 

776

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut tidak padu karena ....

263

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia