Perhatikan kutipan buku nonfiksi berikut !     Buku adalah sumber belajar yang paling murah. Buku adalah guru yang paling baik. Membaca merupakan cara kita untuk mengeksplorasi pengetahuan. Dengan membaca kita mampu memperkaya khazanah keilmuan dan pengetahuan diri. Apalagi mampu menggabungkan berbagai pemikiran dan mengeksplorasinya menjadi kristalisasi pemikiran "diri sendiri" sehingga menjadikan diri kita individu yang kaya akan pengetahuan yang dikumpulkan dari berbagai pemikiran orang lain. Dengan cara membacalah kita mampu menggunakan pemikiran orang lain, memadukan banyak pemikiran ilmuwan, dan mempergunakannya untuk kebaikan sebagai cahaya penerang kegelapan.      Bergembiralah kita yang sadar bahwa dengan membaca, begitu banyak "serpihan" pengetahuan yang bisa kita kumpulkan untuk jadi gambaran indah sehingga kita menjadi individu yang "setara" dengan si pemilik ilmu, bahkan mampu melampauinya. Dengan membaca, pengetahuan tersebut akan terus mengalir dan bermuara ke samudra yang luas pengetahuannya. Disadur dari: Antoni Ludfi Arifin, Be a Reader, Jakarta, Gramedia, 2013 Tanggapan atau kesan pribadi yang sesuai dengan kutipan buku nonfiksi tersebut adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan buku nonfiksi berikut !

    Buku adalah sumber belajar yang paling murah. Buku adalah guru yang paling baik. Membaca merupakan cara kita untuk mengeksplorasi pengetahuan. Dengan membaca kita mampu memperkaya khazanah keilmuan dan pengetahuan diri. Apalagi mampu menggabungkan berbagai pemikiran dan mengeksplorasinya menjadi kristalisasi pemikiran "diri sendiri" sehingga menjadikan diri kita individu yang kaya akan pengetahuan yang dikumpulkan dari berbagai pemikiran orang lain. Dengan cara membacalah kita mampu menggunakan pemikiran orang lain, memadukan banyak pemikiran ilmuwan, dan mempergunakannya untuk kebaikan sebagai cahaya penerang kegelapan. 
    Bergembiralah kita yang sadar bahwa dengan membaca, begitu banyak "serpihan" pengetahuan yang bisa kita kumpulkan untuk jadi gambaran indah sehingga kita menjadi individu yang "setara" dengan si pemilik ilmu, bahkan mampu melampauinya. Dengan membaca, pengetahuan tersebut akan terus mengalir dan bermuara ke samudra yang luas pengetahuannya.


Disadur dari: Antoni Ludfi Arifin, Be a Reader, Jakarta, Gramedia, 2013

Tanggapan atau kesan pribadi yang sesuai dengan kutipan buku nonfiksi tersebut adalah ... 

  1. Menurut saya, kutipan buku tersebut menarik karena bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca. 

  2. Menurut saya, kutipan buku tersebut bermanfaat karena mengajak pembaca untuk selalu mengeksplor pengetahuan dengan membaca. 

  3. Menurut saya, kutipan buku tersebut menarik karena dapat membuat pembaca selalu ingin mengetahui pemikiran orang lain. 

  4. Menurut saya, kutipan buku tersebut bermanfaat bagi semua kalangan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. 

  5. Menurut saya, kutipan buku tersebut menarik karena membuat pembaca selalu berusaha mengembangkan potensi diri. 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan

Dengan membaca kutipan buku nonfiksi tersebut, pembaca secara tidak langsung diajak untuk rajin membaca agar dapat menambah ilmu dan pengetahuan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

496

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan kepaduan isi dalam buku nonfiksi!

324

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia