RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kutipan buku fiksi berikut!     Kalian, anak-anakku, semakin susah ditemukan di rumah. Malam itu, apakah kalian ingat? Aku menunggu di beranda. Aku harus bisa bicara kepada kalian. Besoknya, aku tahu September sudah berangkat digantikan Oktober. Oktober biasanya datang membawa butir-butir hulan yang sedih. Seperti bulir-bulir air mata. Hujan sedikit, hujan sakit. Hujan yang tidak pernah sungguh-sungguh menghapus dosa-dosa dan debu, apalagi kenangan.      Satu per satu kalian tiba tanpa seucap selamat malam. Aku tahu perasaan yang menumpuk di tubuh kalian semua. Sebelum kalian lupa siapa nama ibu kalian, aku harus mengatakan satu hal. Aku mengajak kalian ke meja makan. Dulu, di meja itu ita sekeluarga sering tertawa bersama. Malam itu aku tidak menemukan satu gema tawa lagi di sana, paling bisik sekalipun.  Dikutip dari: M. Aan Mansyur. "Kukila, Rahasia Pohon Rahasia" dalam Kukila. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. 2015  Jelaskan nilai dalam kutipan buku fiksi tersebut! Serta alasan penentuan nilai tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan kutipan buku fiksi berikut!


    Kalian, anak-anakku, semakin susah ditemukan di rumah. Malam itu, apakah kalian ingat? Aku menunggu di beranda. Aku harus bisa bicara kepada kalian. Besoknya, aku tahu September sudah berangkat digantikan Oktober. Oktober biasanya datang membawa butir-butir hulan yang sedih. Seperti bulir-bulir air mata. Hujan sedikit, hujan sakit. Hujan yang tidak pernah sungguh-sungguh menghapus dosa-dosa dan debu, apalagi kenangan. 


    Satu per satu kalian tiba tanpa seucap selamat malam. Aku tahu perasaan yang menumpuk di tubuh kalian semua. Sebelum kalian lupa siapa nama ibu kalian, aku harus mengatakan satu hal. Aku mengajak kalian ke meja makan. Dulu, di meja itu ita sekeluarga sering tertawa bersama. Malam itu aku tidak menemukan satu gema tawa lagi di sana, paling bisik sekalipun.


 Dikutip dari: M. Aan Mansyur. "Kukila, Rahasia Pohon Rahasia" dalam Kukila. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. 2015 


Jelaskan nilai dalam kutipan buku fiksi tersebut! Serta alasan penentuan nilai tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Nilai merupakan sesuatu yang penting, berguna, atau bermanfaat bagi manusia. 

Nilai yang didapatkan dalam kutipan buku fiksi tersebut adalah nilai moral: kita harus mengingat keluarga kita sendiri, apalagi orang tua kita. Bersikap baiklah kepada Ibu, hargai ibu dan bersikaplah sewajarnya sekalipun kita mempunyai masalah di luar rumah, jangan membawa kesan tidak baik kepada orang di rumah.

Alasannya, pada cerpen tersebut menceritakan tokoh aku yaitu seorang ibu yang rindu keadaan keluarganya yang hangat seperti dahulu. Namun, kenyataannya anak-anak ibu tersebut bersikap tak acuh kepada ibunya sendiri sampai tidak mengucap salam dan tidak berbicara pada ibunya sendiri.

184

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan novel berikut!   Tanpa diminta, bahkan guru belum begitu selesai mencatat, dan bukan giliran piketnya, melihat papan tulis penuh, Sabari serta-merta bangkit untuk menghapusnya. Hi...

33

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia