Perhatikan kutipan biografi berikut!    Sebelum menjadi pengusaha sukses, DeJoria merupakan seorang gelandangan. Pada usia 19 tahun dia harus rela pergi dari rumah, mencari pekerjaan sana-sini. Ia mengerjakan hampir semuanya, mulai dari sales hingga pemulung botol bekas. Saat itu, DeJoria tidak hidup sendirian karena ia harus menanggung seorang anak dari hasil pernikahannya. Karena tidak memiliki uang, DeJoria sempat menjadi gelandangan dan tidur di mobil selama beberapa tahun.    Untuk makan saja, ia harus rela meminta-minta di sebuah restoran. Beruntung banyak teman yang merasa iba dan menawarkan pekerjaan untuknya. Tanpa pikir panjang ia pun langsung mengiyakan tawaran tersebut. Kata ganti orang ketiga tunggal pada kutipan biografi di atas terdapat ... macam.

Pertanyaan

Perhatikan kutipan biografi berikut!

   Sebelum menjadi pengusaha sukses, DeJoria merupakan seorang gelandangan. Pada usia 19 tahun dia harus rela pergi dari rumah, mencari pekerjaan sana-sini. Ia mengerjakan hampir semuanya, mulai dari sales hingga pemulung botol bekas. Saat itu, DeJoria tidak hidup sendirian karena ia harus menanggung seorang anak dari hasil pernikahannya. Karena tidak memiliki uang, DeJoria sempat menjadi gelandangan dan tidur di mobil selama beberapa tahun.

   Untuk makan saja, ia harus rela meminta-minta di sebuah restoran. Beruntung banyak teman yang merasa iba dan menawarkan pekerjaan untuknya. Tanpa pikir panjang ia pun langsung mengiyakan tawaran tersebut.


Kata ganti orang ketiga tunggal pada kutipan biografi di atas terdapat ... macam.undefined 

  1. dua, yakni dia dan -nyaundefined 

  2. tiga, yakni ia, beliau, dan diaundefined 

  3. tiga, yakni dia, ia, dan -nyaundefined 

  4. dua, yakni ia dan diaundefined 

  5. satu, yakni diaundefined 

M. Atqo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Pada teks biografi, kata ganti yang digunakan adalah kata ganti orang ketiga tunggal. Hal ini disebabkan oleh salah satu ciri biografi adalah menggunakan sudut pandang orang lain untuk menceritakan tokoh biografi. Contoh kata ganti orang ketiga tunggal adalah ia, dia, beliau, dan -nya. Kata ganti orang ketiga tunggal pada kutipan biografi di atas terdapat tiga macam, yakni kata ganti dia, ia, dan -nya. Kata ganti ia terdapat pada kalimat ketiga, keempat, keenam, dan kedelapan. Kata ganti dia terdapat pada kalimat kedua. Sementara itu, kata ganti -nya terdapat pada kalimat empat dan tujuh.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kata ganti orang ketiga tunggal pada kutipan biografi di atas terdapat tiga macam, yakni dia, ia, dan -nya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

59

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan biografi berikut!    Chairul Tanjung lahir di Jakarta dari pasangan Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah. Ayahnya adalah seorang wartawan pada orde lama yang menerbitkan surat kabar be...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia