Perhatikan kutipan berikut!     Demikianlah pandangan saya mengenai masalah kemacetan di kota ini. Semoga hal ini dapat bermanfaat. Jika ada kekurangan dalam penyampaian materi ini, saya mohon maaf. Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih. Kata kemacetan, kota, dan penyampaian yang terdapat pada kutipan di atas merupakan jenis kata benda ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!


    Demikianlah pandangan saya mengenai masalah kemacetan di kota ini. Semoga hal ini dapat bermanfaat. Jika ada kekurangan dalam penyampaian materi ini, saya mohon maaf. Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.


Kata kemacetan, kota, dan penyampaian yang terdapat pada kutipan di atas merupakan jenis kata benda ....undefined 

  1. abstrakundefined 

  2. konkretundefined 

  3. hidupundefined 

  4. nominalisasiundefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Terdapat dua jenis kata benda, yaitu kata benda konkret dan kata benda abstrak. Kedua kata tersebut termasuk dalam unsur kebahasaan pidato persuasif. Kata benda konkret adalah kata yang menyatakan nama dari benda-benda. Benda yang dimaksudkan adalah benda yang dapat ditangkap oleh pancaindra. Kata benda konkret dapat berupa nama diri, nama zat, makhluk hidup, berbagai benda tak bernyawa, dan lain sebagainya.

Kata kemacetan, kota, dan penyampaian merupakan jenis kata benda konkret. Ketiga kata tersebut merupakan kata benda konkret karena dapat ditangkap oleh pancaindra.

Pilihan A tidak tepat karena ketiga kata tersebut dapat ditangkap oleh pancaindra, sedangkan kata benda abstrak adalah kata benda yang tidak dapat ditangkap oleh pancaindra. Pilihan C  dan D tidak tepat karena bukan merupakan unsur kebahasaan dari pidato persuasif. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

51

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut!      Hadirin sekalian, saat ini sangat marak sekali pembicaraan mengenai body shaming. Hal ini sering terjadi di kalangan perempuan. Sudah tidak asing bagi saya mend...

80

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia