Roboguru
SD

Perhatikan kutipan artikel berikut! Menjamurnya e-commerce bagaikan pedang bermata dua bagi seorang perempuan. Jika seseorang bisa memanfaatkan peluang yang diberikan e-commerce dengan baik, dia bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Namun, jika seseorang hanya memanfaatkan keberadaan e-commerce hanya untuk berbelanja, bisa-bisa justru membuat kantong kering lantaran pengeluaran yang tak terkontrol akibat berbagai kemudahan berbelanja yang ditawarkan e-commerce. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus terhadap 1.200 responden yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia pada Februari 2019, perilaku belanja online perempuan begitu beragam. Survei dengan tajuk Women e-Commerce Survei 2019 tersebut menunjukkan, perempuan Indonesia memiliki kecenderungan impulsif ketika berbelanja. Selain itu, gratis ongkos kirim menjadi pertimbangan utama para perempuan ketika akan berbelanja online. (Dikutip dari money.kompas.com pada 15 September 2020) Berdasarkan kutipan artikel tersebut, dampak dari menjamurnya e-commerce bagi masyarakat adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan kutipan artikel berikut!

Menjamurnya e-commerce bagaikan pedang bermata dua bagi seorang perempuan. Jika seseorang bisa memanfaatkan peluang yang diberikan e-commerce dengan baik, dia bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Namun, jika seseorang hanya memanfaatkan keberadaan e-commerce hanya untuk berbelanja, bisa-bisa justru membuat kantong kering lantaran pengeluaran yang tak terkontrol akibat berbagai kemudahan berbelanja yang ditawarkan e-commerce. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus terhadap 1.200 responden yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia pada Februari 2019, perilaku belanja online perempuan begitu beragam. Survei dengan tajuk Women e-Commerce Survei 2019 tersebut menunjukkan, perempuan Indonesia memiliki kecenderungan impulsif ketika berbelanja. Selain itu, gratis ongkos kirim menjadi pertimbangan utama para perempuan ketika akan berbelanja online.

(Dikutip dari money.kompas.com pada 15 September 2020)

Berdasarkan kutipan artikel tersebut, dampak dari menjamurnya e-commerce bagi masyarakat adalah ….undefined 

  1. terbatasnya peluang membuka usahaundefined 

  2. meningkatnya daya beli masyarakatundefined 

  3. persaingan dunia kerja menjadi sempitundefined 

  4. menurunkan harga barang kebutuhan pokokundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kemudahan berbelanja dari aplikasi e-commerce memicu sikap konsumerisme di masyarakat. Di mana masyarakat lebih senang berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan primernya, melainkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. Namun, dalam skala ekonomi nasional justru kondisi ini dapat mendorong meningkatnya daya beli masyarakat. Hal itu dapat disebabkan karena semakin mudahnya masyarakat dalam berbelanja secara online. Ditambah lagi karena adanya layanan-layanan diskon besar-besaran dan gratis ongkos kirim yang membuat masyarakat tertarik untuk berbelanja secara online. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

31

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Contoh terwujudnya modernisasi dalam bidang ekonomi adalah ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia