Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan artikel berikut! 1) Jika diperhatikan secara saksama, di Indonesia banyak pejabat yang tidak istikamah. 2) Sebuah contoh realitas kecil di lingkungan kita, yakni adanya razia, terutama narkoba dan minuman keras.3) Kalau memang penyelenggara negeri ini cinta dan sayang kepada rakyat dan bangsanya, seharusnya mereka bersikap tegas dan bijaksana. 4) Mereka seharusnya berani melarang penggunaan berbagai produk, baik narkoba maupun minuman keras. 5) Pemerintah semestinya tidak lagi memberikan izin kepada pabrik narkoba dan minuman keras untuk tetap beroperasi. Disadur dari: http:/kontesblogmuslim.com/taglomba-log/pagi/6 diunduh 7 Februari 2018 Kalimat opini ditunjukkan oleh kalimat nomor ...

Perhatikan kutipan artikel berikut!

1) Jika diperhatikan secara saksama, di Indonesia banyak pejabat yang tidak istikamah. 2) Sebuah contoh realitas kecil di lingkungan kita, yakni adanya razia, terutama narkoba dan minuman keras.3) Kalau memang penyelenggara negeri ini cinta dan sayang kepada rakyat dan bangsanya, seharusnya mereka bersikap tegas dan bijaksana. 4) Mereka seharusnya berani melarang penggunaan berbagai produk, baik narkoba maupun minuman keras. 5) Pemerintah semestinya tidak lagi memberikan izin kepada pabrik narkoba dan minuman keras untuk tetap beroperasi.

Disadur dari: http:/kontesblogmuslim.com/taglomba-log/pagi/6 diunduh 7 Februari 2018

Kalimat opini ditunjukkan oleh kalimat nomor ...

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 2), dan 5)

  3. 1), 4), dan 5)

  4. 2), 3), dan 4)

  5. 3), 4), dan 5)

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kalimat yang menyatakan opini berupa pendapat penulis tentang sebuah masalah terdapat pada nomor 3, 4, dan 5 karena terdapat kata-kata yang menyatakan opini seharusnya dan semestinya .

Kalimat yang menyatakan opini berupa pendapat penulis tentang sebuah masalah terdapat pada nomor 3, 4, dan 5 karena terdapat kata-kata yang menyatakan opini seharusnya dan semestinya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hal-halberikut. Bersifat subjektif dan biasanya disertai pendapat, saran, dan uraian yang menjelaskan Bersumber dari pandangan publik dan para ahli Sulit dibuktikan kebenarannya...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia