Roboguru

Perhatikan komponen ekosistem berikut!   Buatlah jaring-jaring makanan yang di dalamnya memuat 5 rantai makanan! Apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut jika ular dan elang punah?

Pertanyaan

Perhatikan komponen ekosistem berikut!

 

  1. Buatlah jaring-jaring makanan yang di dalamnya memuat 5 rantai makanan!
  2. Apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut jika ular dan elang punah?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk semacam jaring. Setiap rantai makanan terdiri dari tingkat-tingkat trofik. Tingkat trofik pertama adalah kelompok organisme autrotof atau disebut juga produsen, contohnya tumbuhan. Tingkat trofik kedua dan selanjutnya adalah organisme heterotrof atau disebut juga konsumen. Konsumen yang memakan produsen disebut konsumen primer (herbivora). Konsumen yang memakan konsumen primer disebut konsumen sekunder (karnivora). Konsumen yang memakan sekunder disebut konsumen tersier. Konsumen tersier disebut juga karnivora besar.

Berdasarkan soal di atas, jaring-jaring makanan yang terbentuk adalah sebagai berikut.

Bila ular dan elang punah maka yang akan terjadi adalah ledakan populasi katak dan tikus yang akan berdampak pada terganggunya keseimbangan ekosistem. Selain itu, populasi ayam tidak akan memiliki predator sehingga populasi ayam akan cenderung stabil atau meningkat. Jika populasi herbivor meningkat tanpa adanya predator, maka populasi produsen (tumbuhan) akan menurun artinya herbivor akan bersaing dalam merebutkan makanan.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nurazizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam suatu ekosistem sawah terdapat jaring-jaring makanan seperti di bawah ini. b. Ulat dan belalang dianggap oleh petani sebagai hama sehingga perlu dibasmi. Prediksikan apa yang akan terjadi jik...

Pembahasan Soal:

Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk semacam jaring. Berdasarkan soal tersebut, belalang dan ulat memakan tumbuhan (padi dan pohon). Apabila petani menggunakan pestisida untuk membasmi belalang dan ulat, maka populasi belalang dan ulat akan menurun sehingga populasi padi dan pohon akan meningkat. Hal ini dikarenakan hewan yang mengonsumsi padi dan pohon berkurang. Populasi belalang dan ulat yang menurun menyebabkan populasi ayam dan katak menurun. Hal ini dikarenakan ketersediaan makanan untuk ayam dan katak berkurang. Apabila populasi ayam dan katak menurun, maka populasi burung elang dan ular juga akan menurun.undefined 

Jadi, hal yang terjadi pada jaring-jaring makanan tersebut apabila belalang dan ulat dibasmi oleh petani adalah akan terjadi peningkatan populasi pohon dan padi serta penurunan populasi ayam, katak, burung elang, dan ular. 

0

Roboguru

Perhatikan jaring-jaring makanan berikut! Organisme yang memiiiki peran sebagai perantara aliran energi yang berasal dari konsumen I ke konsumen Ill adalah ....

Pembahasan Soal:

Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari berbagai rantai makanan yang saling berhubungan dan kompleks. Di dalam suatu ekosistem, sebuah rantai makanan saling berkaitan dengan rantai makanan lainnya. Rantai makanan adalah jalur pemindahan (transfer) energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya melalui peristiwa makan dan dimakan.

Proses pemindahan energi dimulai dari tumbuhan sebagai produsen (tingkat trofik pertama), kemudian produsen dimakan oleh herbivor sebagai konsumen I (tingkat trofik kedua), selanjutnya herbivor dimangsa oleh karnivor kecil sebagai konsumen II (tingkat trofik ketiga), dan terakhir karnivor kecil dimangsa oleh karnivor besar sebagai konsumen III (tingkat trofik keempat) atau puncak.

Berdasarkan gambar jaring-jaring makanan di atas, maka dapat dianalisis dan dipisahkan menjadi beberapa rantai makanan, yaitu :

  • bunga sepatu (produsen) -> ulat (konsumen I) ->  burung kutilang (konsumen II) -> burung elang (konsumen III / konsumen puncak).
  • sawi (produsen) -> ulat (konsumen I) ->  burung kutilang (konsumen II) -> burung elang (konsumen III / konsumen puncak).
  • sawi (produsen) -> belalang (konsumen I) -> burung kutilang (konsumen II) -> burung elang (konsumen III / konsumen puncak).
  • sawi (produsen) -> belalang (konsumen I) -> katak (konsumen II) -> burung elang (konsumen III / konsumen puncak).
  • sawi (produsen) -> tikus (konsumen I) -> burung elang (konsumen puncak)

Organisme yang memiiiki peran sebagai perantara aliran energi yang berasal dari konsumen I ke konsumen Ill adalah konsumen II. Konsumen II yang sesuai dengan jaring-jaring makanan pada soal yaitu burung kutilang dan katak.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ini.    Jika terjadi perburuan ular, sedangkan faktor lingkungan yang lain tidak berubah, maka hal-hal berikut mungkin dapat terjadi, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Jaring - jaring makanan ekosistem sawah di atas tersusun dari rantai makanan yang terendah secara berurutan sebagai berikut:

  1. Padi - Belalang - Tikus - Ular.
  2. Padi - Tikus -  Ular
  3. Padi - Belalang -  Ular
  4. Padi - belalang - burung pemakan serangga - ular
  5. Padi - ulat - burung pemakan serangga - ular
  6. Padi - burung pemakan biji bijian - ular

Jika terjadi perburuan ular akibatnya jumlah tikus dan burung pemakan biji - bijian meningkat, sehingga produksi tanaman padi menurun. Di sisi lain jumlah ulat dan belalang menurun karena burung pemakan serangga semakin banyak karena berkurangnya predator ular.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar skema jaring-jaring makanan di bawah! Tingkat trofik kedua diduduki oleh organisme ....

Pembahasan Soal:

Pada jaring makanan tersebut dapat diketahui posisi dari berbagai organisme yang menempati piramida makanan dalam suatu ekosistem. Seperti padi dan jagung yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem menempati tingkatan trofik pertama dalam piramida makanan. Selanjutnya, yang menempati tingkatan trofik kedua adalah yang memiliki peran sebagai konsumen pertama atau hewan yang memakan produsen yaitu ulat, tikus, dan belalang. Begitupun dengan yang lainnya hingga mencapai puncak piramida.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Burung cendrawasih di Papua mulai langka karena adanya perburuan liar dan terjadi penebangan hutan. Dampak yang ditimbulkan dari kelangkaan burung cendrawasih adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Rendahnya populasi burung cendrawasih dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Burung cendrawasih berperan sebagai pemangsa serangga, sehingga menjaga populasi serangga konstan. Ketika populasi burung cendrawasih menurun hingga langka, populasi serangga mulai bebas dari pemangsanya dan dapat bertambah jumlahnya. Meningkatnya populasi serangga dapat menyebabkan kerusakan tanaman pada ekosistem.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved