Roboguru

Perhatikan kerangka teks artikel opini berikut! Judul: Antisipasi Mengatasi Punahnya Bahasa-Bahasa Daerah di Indonesia Tesis: Bahasa-bahasa di Indonesia Kondisi bahasa-bahasa daerah di Indonesia Sikap masyarakat terhadap bahasa daerah  Paragraf argumentasi yang sesuai dengan tesis di atas adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kerangka teks artikel opini berikut!


Judul: Antisipasi Mengatasi Punahnya Bahasa-Bahasa Daerah di Indonesia

Tesis:

Bahasa-bahasa di Indonesia

Kondisi bahasa-bahasa daerah di Indonesia

Sikap masyarakat terhadap bahasa daerah 


Paragraf argumentasi yang sesuai dengan tesis di atas adalah ...

  1. Masyarakat harus bahu-membahu dengan pemerintah untuk mengatasi masalah punahnya bahasa daerah. Jika hal itu tidak dilakukan, sebagian besar bahasa daerah di Indonesia mungkin akan segera punah.

  2. Tak ada yang tak mungkin jika pemerintah menerapkan strategi yang tepat dalam mengatasi permasalahan punahnya bahasa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, strategi tersebut harus segera diterapkan.

  3. Isu punahnya bahasa-bahasa daerah di Indonesia sudah lama terdengar. Kini, saatnya bagi pemerintah bersama dengan masyarakat daerah terkait mencari solusi paling tepat untuk mengatasi masalah yang ada.

  4. Punahnya bahasa daerah adalah hal yang hampir tidak bisa dihindari. Apalagi, modernisasi terus berkembang. Kewajiban menguasai bahasa asing turut menjadi sebab mengapa masalah punahnya bahasa daerah tak mungkin terhindarkan. Oleh karena itu, mari mulai lestarikan bahasa daerah.

  5. Berdasarkan data dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, ada 11 bahasa daerah yang terkategori punah, 4 bahasa kritis, 19 bahasa terancam punah, dan 2 bahasa mengalami kemunduran. Data itu jelas menunjukkan keadaan bahasa daerah di Indonesia yang tidak baik-baik saja.

Pembahasan:

Argumentasi merupakan salah satu bagian dalam teks artikel opini. Struktur argumentasi bertujuan untuk memaparkan semua permasalahan secara rinci. Tesis pada soal nomor (9) mengungkapkan kondisi bahasa-bahasa daerah di Indonesia yang mulai punah dan sikap masyarakat terhadap bahasa daerah. Argumentasi yang tepat berdasarkan tesis tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. Data yang diungkapkan pada pilihan jawaban E dapat digunakan untuk memperjelas permasalahan yang disebutkan di bagian tesis.

  • Paragraf pada pilihan jawaban A, B, dan C dapat menjadi paragraf penutup atau pernyataan ulang.
  • Kalimat-kalimat pada paragraf pada pilihan jawaban D dapat menjadi bagian dari argumentasi. Namun, kalimat Oleh karena itu, mari mulai lestarikan bahasa daerah tidak sesuai dengan kalimat lain dalam paragraf dan menunjukkan bahwa paragraf tersebut merupakan bagian pernyataan ulang.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 29 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan langkah menyusun teks artikel!   Menentukan tema. [...] Mengolah data. Membuat kerangka tulisan. Menyunting ejaan pada kerangka tulisan. Menyusun teks artikel opini. Menganalisis ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved