Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kegiatan berikut! 1) Penyusunan perencanaan program 2) Pelaksanaan kegiatan 3) Mengenali masyarakat 4) Sosialisasi awal 5) Pemetaan swadaya Kegiatan yang termasuk dalam tahap perencanaan pemberdayaan komunitas ditunjukkan oleh nomor....

Perhatikan kegiatan berikut!

1) Penyusunan perencanaan program

2) Pelaksanaan kegiatan

3) Mengenali masyarakat

4) Sosialisasi awal

5) Pemetaan swadaya

Kegiatan yang termasuk dalam tahap perencanaan pemberdayaan komunitas ditunjukkan oleh nomor....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1),2), dan4)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 4), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Iklan

Pembahasan

Jawaban: e Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tahapan perencanaan sebagai berikut. 1. Sosialisasi Awal Pemberdaya atau pelaksanan pemberdaya terlebih dahulu menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pemberdayaan terhadap komunitas atau masyarakat yang akan diberdayakan. Inisator menyampaikan gambaran umum tentang program pemberdayaan. Dalam tahap ini inisiator belum dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan. 2. Mengenali Masyarakat Inisiator bersama masyarakat melakukan penelitian terhadap realitas kehidupan masyarakat. Proses penelitian ini bertujuan mengenali masyarakat lebih jauh, memetakan kelebihan dan kekurangan masyarakat, serta memahami kearifan-kearifan lokal masyarakat. 3. Pemetaan Swadaya Inisiator perlu memetakan swadaya yang dimiliki masyarakat. Swadaya biasanya terkait proses pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Pemetaan tersebut dilakukan dengan mensurvei realitas lingkungan dan kehidupan komunitas. Oleh karena itu, diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Jawaban: e Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tahapan perencanaan sebagai berikut.

1. Sosialisasi Awal Pemberdaya atau pelaksanan pemberdaya terlebih dahulu menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pemberdayaan terhadap komunitas atau masyarakat yang akan diberdayakan. Inisator menyampaikan gambaran umum tentang program pemberdayaan. Dalam tahap ini inisiator belum dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan.

2. Mengenali Masyarakat Inisiator bersama masyarakat melakukan penelitian terhadap realitas kehidupan masyarakat. Proses penelitian ini bertujuan mengenali masyarakat lebih jauh, memetakan kelebihan dan kekurangan masyarakat, serta memahami kearifan-kearifan lokal masyarakat.

3. Pemetaan Swadaya Inisiator perlu memetakan swadaya yang dimiliki masyarakat. Swadaya biasanya terkait proses pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Pemetaan tersebut dilakukan dengan mensurvei realitas lingkungan dan kehidupan komunitas. Oleh karena itu, diperlukan pemetaan swadaya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Latihan Bab

Mengenal Konsep Pemberdayaan Komunitas II

Prinsip dan Siklus Pemberdayaan Komunitas

Teori dan Pendekatan dalam Pemberdayaan Komunitas

Strategi Pelaksanaan Pemberdayaan Komunitas

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegagalan program pemberdayaan merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri atau dihindari, seperti pada pemberdayaan yang ada pada di wilayah perkotaan. Masyarakat yang mengikuti program pemberdayaan tid...

77

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia