Roboguru

Perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kesehatan organ ekskresi berikut !     Jarang mengonsumsi buah dan sayuran segar. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Sering menahan buang air kecil. Sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Kurang minum air putih. Batu ginjal dapat menyumbat proses pengeluaran urine. Terbentuknya batu ginjal dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang ditunjukkan oleh angka . . .

Pertanyaan

Perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kesehatan organ ekskresi berikut !  

 

  1. Jarang mengonsumsi buah dan sayuran segar.
  2. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.
  3. Sering menahan buang air kecil.
  4. Sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi.
  5. Kurang minum air putih.


Batu ginjal dapat menyumbat proses pengeluaran urine. Terbentuknya batu ginjal dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang ditunjukkan oleh angka . . .  

  1. 1), 2), dan 3)  

  2. 1), 3), dan 4)  

  3. 2), 3), dan 4)  

  4. 2), 3), dan 5)  

  5. 3), 4), dan 5)  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berikut ini terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal, yaitu :  

 

  1. Kekurangan Asupan Cairan
    Salah satu pemicu dari batu ginjal adalah kekurangan asupan cairan. Hal ini dapat menyebabkan volume urine yang rendah secara konstan dikarenakan tubuh mengalami dehidrasi. Ketika volume urine rendah, maka cairan tersebut akan terkonsentrasi dan berwarna gelap. Hal ini dapat menjaga garam tetap larut dan risiko pembentukan batu akan meningkat. Orang dewasa harus meminum paling tidak 2,5 liter setiap hari untuk menurunkan risiko ini. 
  2. Diet
    Pola diet tertentu juga dapat memengaruhi pembentukan batu ginjal pada tubuh. Penyebabnya adalah terlalu banyak kadar kalsium di dalam urine. Walau begitu, kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh makanan. Terkadang juga dapat disebabkan oleh tubuh yang mengalami gangguan untuk mengolah kalsium. Dokter umumnya tidak membatasi asupan kalsium dalam makanan, tetapi kandungan tersebut tidak boleh terlalu tinggi masuk ke tubuh. 
  3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam
    Salah satu risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya batu ginjal adalah terlalu banyak mengonsumsi garam. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak garam yang mengalir ke urine. Maka dari itu, cara untuk menanganinya adalah dengan mengurangi asupan garam pada pola diet. 
  4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein Hewani
    Terlalu banyak makan daging hewan juga dapat menjadi pemicu batu ginjal pada tubuh. Daging-daging seperti sapi, ikan, ayam, dan babi dapat meningkatkan kadar asam pada tubuh dan urine. Hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan batu ginjal dan asam urat terjadi
  5. Sering Menahan Buang Air Kecil
    Umumnya, batu ginjal yang berukuran kecil dapat dikeluarkan lewat saluran kemih tanpa menimbulkan rasa sakit. Namun, ketika kita terlalu sering menunda-nunda buang air kecil, kandungan mineral dan garam pada urine justru dapat mengembangkan batu yang lebih besar. Jika hal ini terjadi, batu dapat menyumbat saluran kemih dan menghalangi aliran urine dari ginjal dalam proses pembentukan urine. Alhasil kita mungkin merasa sakit ketika buang air kecil. 

     

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved