Pertanyaan

Perhatikan kalimat tanya berikut! Apakah kemarin kamu jadi olahraga pagi? Kalimat tanya di atas termasuk jenis kalimat tanya ….

Perhatikan kalimat tanya berikut!

Apakah kemarin kamu jadi olahraga pagi?

 

Kalimat tanya di atas termasuk jenis kalimat tanya ….

  1. biasa

  2. retoris

  3. tersamar

  4. konfirmasi

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat di atas tergolong kalimat tanya konfirmasi. Jawaban yang tepat adalah D.

kalimat di atas tergolong kalimat tanya konfirmasi. Jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya. Kalimat tanya dibedakan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut. Kalimat tanya biasa, yaitu kalimat tanya yang diharapkan untuk mendapat tanggapan secara langsung. Tanggapan atau jawaban yang diharapkan tidak sekadar ya atau tidak . Kalimat tanya konfirmasi, yaitu kalimat tanya yang ditujukan untuk memperoleh konfirmasi yang tak perlu jawaban panjang. Tanggapan yang dimaksud dapat hanya berupa ya dan tidak . Kalimat tanya retoris, yaitu kalimat tanya yang dapat diberikan meski tanpa mengharap jawaban. Kalimat tanya tersamar, yaitu kalimat tanya yang bertujuan untuk menolak, merayu, atau menyanggah secara tidak langsung. Kalimat tanya di atas hanya memerlukan jawaban ya atau tidak. Jadi, kalimat di atas tergolong kalimat tanya konfirmasi. Jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya. Kalimat tanya dibedakan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Kalimat tanya biasa, yaitu kalimat tanya yang diharapkan untuk mendapat tanggapan secara langsung. Tanggapan atau jawaban yang diharapkan tidak sekadar ya atau tidak.
  • Kalimat tanya konfirmasi, yaitu kalimat tanya yang ditujukan untuk memperoleh konfirmasi yang tak perlu jawaban panjang. Tanggapan yang dimaksud dapat hanya berupa ya dan tidak.
  • Kalimat tanya retoris, yaitu kalimat tanya yang dapat diberikan meski tanpa mengharap jawaban.
  • Kalimat tanya tersamar, yaitu kalimat tanya yang bertujuan untuk menolak, merayu, atau menyanggah secara tidak langsung.

Kalimat tanya di atas hanya memerlukan jawaban ya atau tidak. Jadi, kalimat di atas tergolong kalimat tanya konfirmasi. Jawaban yang tepat adalah D.

67

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang termasuk dalam contoh kalimat tanya retoris adalah …

560

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia