Perhatikan kalimat-kalimat berikut! Isi buku tersebut menarik karena mengajak pembaca seolah-olah ikut meluncurkan roket, kemudian pembaca diajak menjadi seorang astronot melalui ceritanya. Meresensi sebuah karya haruslah dengan penilaian yang benar-benar murni sesuai dengan apa yang anda pikirkan atau anda rasakan setelah membaca karya yang akan diresensi. Buku tersebut menjelaskan kiat-kiat menjadi orang sukses dan dapat berkeliling dunia tanpa mengeluarkan uang. Setelah mengeluarkan novel pertama bertema religi, pengarang tersebut kembali melahirkan karya berupa buku drama, yakni bertema carut marutnya suasana ibu kota. Banyak sastrawan yang terlarut dalam kata-kata puitisnya tanpa memikirkan target pasaran pembaca atas karyanya tersebut.   Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, kalimat yang memuat konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor ….

Pertanyaan

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

  1. Isi buku tersebut menarik karena mengajak pembaca seolah-olah ikut meluncurkan roket, kemudian pembaca diajak menjadi seorang astronot melalui ceritanya.
  2. Meresensi sebuah karya haruslah dengan penilaian yang benar-benar murni sesuai dengan apa yang anda pikirkan atau anda rasakan setelah membaca karya yang akan diresensi.
  3. Buku tersebut menjelaskan kiat-kiat menjadi orang sukses dan dapat berkeliling dunia tanpa mengeluarkan uang.
  4. Setelah mengeluarkan novel pertama bertema religi, pengarang tersebut kembali melahirkan karya berupa buku drama, yakni bertema carut marutnya suasana ibu kota.
  5. Banyak sastrawan yang terlarut dalam kata-kata puitisnya tanpa memikirkan target pasaran pembaca atas karyanya tersebut.

 

Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, kalimat yang memuat konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor ….

  1. (1) dan (2)

  2. (2) dan (3)

  3. (3) dan (5)

  4. (1) dan (4)

  5. (2) dan (5)

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata sewaktu, sejak, semenjak, kemudian, dan akhirnya. Jadi, konjungsi temporal terdapat pada nomor (1) dan (4). Kalimat (1) memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata kemudian, sedangkan kalimat (4) memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata setelah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

 

100

4.5 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Pengertian konjungsi temporal yang tepat adalah …

71

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia