Roboguru

Perhatikan kalimat berikut!   "Pantai Kuta terlalu jauh, Dik. Bagaimana kalau ke Pantai Parangtritis?" Kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi yang berupa...

Pertanyaan

Perhatikan kalimat berikut!
 

"Pantai Kuta terlalu jauh, Dik. Bagaimana kalau ke Pantai Parangtritis?"


Kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi yang berupa...undefined 

  1. orientasiundefined 

  2. pengajuanundefined 

  3. penawaranundefined 

  4. kodaundefined 

  5. persetujuanundefined 

Pembahasan Soal:

Teks negosiasi merupakan teks yang memuat bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Struktur teks negosiasi terdiri atas 1) Orientasi (Pembuka); 2) Isi, terdiri dari permintaan (pengajuan) yang mencoba untuk mendapatkan kepentingan yang diinginkan dari penawar, b) Penawaran berarti mencoba memberikan balasan setimpal dari kepentingan yang diajukan, c) Pemenuhan, langkah yang diambil untuk mencoba menghindari kesenjangan antara permintaan dan penawaran; serta penutup, yang terdiri dari persetujuan yang merupakan konklusi sekaligus solusi yang tercipta melalui negosiasi, termasuk pembelian (jika negosiasi adalah mengenai jual-beli) atau penutup kesepakatan formal berupa memorandum atau perjanjian kesepakatan hasil dari negosiasi.

Berdasarkan kutipan di atas, pernyatataan tersebut termasuk ke dalam bagian penawaran. Dalam kutipan tersebut, seseorang menawarkan pantai terdekat, yaitu Pantai Parangtritis kepada orang lain.

 

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Februari 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved