Roboguru

Perhatikan judul penelitian berikut, "Pergeseran Makna Tari Bedhaya Ketawang di Keraton Surakarta Hadiningrat Tahun 1920-2000".  Judul penelitian di atas menggunakan konsep diakronik, karena ...

Pertanyaan

Perhatikan judul penelitian berikut, "Pergeseran Makna Tari Bedhaya Ketawang di Keraton Surakarta Hadiningrat Tahun 1920-2000". 
Judul penelitian di atas menggunakan konsep diakronik, karena ...

  1. Mengutamakan penggambaran yang meluas dalam ruang

  2. Menonjolkan unsur ruang dan waktu secara seimbang

  3. Menyajikan pembahasan sejarah lokal secara lengkap

  4. Mengutamakan sumber lisan sebagai sumber sejarah

  5. Memandang peristiwa dalam gerak sepanjang waktu

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan pemahaman terhadap peristiwa di masa lalu. Adapun pemahaman terhadap sejarah, umumnya dikenal dengan dua pendekatan cara berpikir: (1) sinkronik, dan (2) diakronik. 
Cara berpikir sinkronik dalam sejarah, mengutamakan konsep ruang tetapi sempit dalam waktu, dalam arti memahami peristiwa sejarah dalam batasan waktu tertentu namun dikaji secara lebih mendalam dengan pendekatan ilmu sosial lain, seperti politik, ekonomi, budaya dan sosiologi. Sementara cara berpikir diakronik, merupakan cara berpikir yang khas sejarah, sebab memandang peristiwa sejarah dalam urutan waktu, memanjang dalam waktu menyempit dalam ruang, dalam arti melihat rentetan peristiwa sejarah sebagai sebab akibat, bahwa peristiwa yang satu tidak bisa lepas dari peristiwa yang lain. Cara berpikir diakronik erat kaitannya dengan kronologi, yakni pemahaman tentang urutan waktu kejadian. 
Dengan melihat konteks judul penelitian dalam soal, itu menggunakan konsep diakronik sebab memandang peristiwa dalam gerak waktu, yakni kajian tentang pergeseran makna tari Bedhaya ketawang dari tahun 1920-2000.

Jadi, opsi jawaban benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan maksud dari konsep berpikir diakronik dalam sejarah. Berikan contohnya.

Pembahasan Soal:

Konsep berpikir diakronik adalah menguraikan proses dan urutan kejadian suatu peristiwa sejarah secara kronologis. Hal tersebut membantu dalam merekonstruksi peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu secara tepat. Ciri konsep berpikir diakronik adalah memanjang dalam dimensi waktu, menunjukan hubungan kausalitas, dinamis, naratif, berproses, dan bertransformasi. Salah satu contoh penerapan konsep berpikir diakronik adalah Perkembangan Budi Utomo di Solo (1908-1939).

Dengan demikian, konsep berpikir diakronik adalah menguraikan proses dan urutan kejadian suatu peristiwa sejarah secara kronologis. Contoh penerapan konsep berpikir diakronik adalah Perkembangan Budi Utomo di Solo (1908-1939).

1

Roboguru

Pemahaman tentang perubahan kehidupan manusia dapat diketahui dari kajian sejarah yang menerapkan cara berpikir diakronik. Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Diakronis berasal dari Bahasa Yunani, dia artinya melintasi atau melewati dan khronos yang berarti perjalanan waktu. Diakronis dapat diartikan sebagai suatu peristiwa yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa sebelumnya dan tidak dapat berdiri sendiri atau timbul secara tiba-tiba, sebab sejarah meneliti gejala-gejala yang memanjang dalam waktu, tetapi dalam ruang yang terbatas.
Berpikir dengan pendekatan diakronis adalah salah satu pendekatan yang menganalisis evolusi/perubahan sesuatu dari waktu ke waktu, yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa sesuatu perubahan itu terjadi sepanjang masa. Konsep diakronis melihat bahwa peristiwa dalam sejarah mengalami perkembangan dan bergerak sepanjang masa. Melalui proses inilah manusia dapat melakukan perbandingan dan melihat perkembangan sejarah kehidupan masyarakatnya dari zaman ke zaman berikutnya. Diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang.

  1. Dalam konsep berpikir kronologis atau diakronis mempelajari kehidupan sosial secara memanjang berdimensi waktu.
  2. Konsep berfikir diakronis memandang masyarakat sabagaisesuatu yang terusbergerak dan mamiliki hubungan kausanalitas atau sebab akibat. 
  3. Menguraikan proses tranformasi yang terus berlangsung dari waktu ke waktu kehidupan masyarakat secara berkesinambungan 
  4. Menguraikan kehidupan masyarakat secara dinamis (berubah - ubah).

Berdasarkan penjelasan di atas maka pemahaman tentang perubahan kehidupan manusia dapat diketahui dari kajian sejarah yang menerapkan cara berpikir diakronis itu adalah benar karena berpikir dengan pendekatan diakronis adalah salah satu pendekatan yang menganalisis evolusi/perubahan sesuatu dari waktu ke waktu, yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa sesuatu perubahan itu terjadi sepanjang masa.

3

Roboguru

Perhatikan topik penulisan sejarah berikut !   Pertempuran Ambarawa pada 20 Oktober-15 Desember 1945 Keterlibatan masyarakat Jawa Tengah dalam perang Diponegoro  Kehidupan Nelayan di Madura Pert...

Pembahasan Soal:

Cara berpikir diakronik adalah cara berpikir sejarah yang memanjang pada waktu atau kronologis sehingga jawaban yang tepat adalah 1 dan 4 karena menuliskan pembatasan waktu dengan jelas.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti petunjuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataa...

Pembahasan Soal:

Jawaban: E

Pernyataan salah. Sejarah tidak hanya meneliti gejala-gejala yang meluas dari sebuah peristiwa tetapi dengan waktu terbatas. Justru sejarah adalah ilmu yang diakronik, dimana mengedepankan kajian suatu peristiwa dilihat dari urutan waktunya.

Alasan salah. Suatu peristiwa dikatakan sebagai peristiwa sejarah jika peristiwa itu berpengaruh pada kehidupan masyarakat yang akan datang. Artinya, seluruh peristiwa sejarah saling berkaitan.

 

0

Roboguru

Pengelompokan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu untuk menghindari anakronisme sejarah disebut. . . .

Pembahasan Soal:

Jawaban: A

Pengelompokan peristiwa-peristiwa sejarah ke dalam suatu babak, masa, zaman, atau periode tertentu disebut dengan periodisasi. Pengelompokan peristiwwa-peristiwa ini dilakukan berdasarkan ciri-ciri atau kriteria tertentu. Melaui periodisasi ini diharapkan dapat menghindari anakronisme dalam sejarah. Artinya bertujuan agar tidak ada ketidakcocokan suatu peristiwa dalam zaman tertentu

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved