Roboguru

Perhatikan jenis-jenis bencana berikut ini! Gempa bumi. Banjir bandang. Gelombang pasang. Tsunami. Angin ribut. Berdasarkan jenis bencana tersebut, yang termasuk ke dalam jenis bencana alam hidrometeorologis ditunjukan oleh nomer ....

Pertanyaan

Perhatikan jenis-jenis bencana berikut ini!

  1. Gempa bumi.
  2. Banjir bandang.
  3. Gelombang pasang.
  4. Tsunami.
  5. Angin ribut.

Berdasarkan jenis bencana tersebut, yang termasuk ke dalam jenis bencana alam hidrometeorologis ditunjukan oleh nomer ....undefined

Pembahasan Soal:

Bencana hidrometeorologis (bencana alam meteorologi) adalah bencana alam yang berhubungan dengan iklim. Bencana hidrometeorologi sebagai sebuah proses atau fenomena dari atmosferik, hidrologis atau oseanografis yang pada dasarnya dapat menyebabkan kehilangan nyawa, luka-luka atau dampak kesehatan lainnya, kerusakan properti, kehilangan mata pencaharian dan pelayanan, gangguan sosial dan ekonomi, atau kerusakan lingkungan. Bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor, puting beliung, gelombang pasang, dan kekeringan tapi dapat juga meningkat pada ancaman bencana lain, seperti wabah, tanah longsor, wabah belalang dan kebakaran hebat.


Jadi, Jawaban yang tepat adalah 2,3 dan 5.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Silvia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Awal tahun 2014 terjadi angin puting beliung di daerah Pringsewu, Lampung. Bencana ini terjadi karena...

Pembahasan Soal:

Angin puting beliung muncul saat terjadi pemanasan intensif di siang hari. Pemanasan intensif menimbulkan konveksi udara berlangsung sangat cepat dan diikuti oleh proses pembentukan awan yang berlangsung cepat pula. Pada titik tertentu ketika kondensasi mencapai titik jenuh, hujan pun akan turun. Saat hujan turun, gerakan udara ke atas (konveksi) masih terus berlangsung. Peristiwa ini menyebabkan terjadinya tabrakan gerakan udara antara udara panas (dari permukaan bumi dalam bentuk konveksi) dan udara dingin (yang turun bersama hujan). Tabrakan gerakan udara inilah yang menyebabkan terbentuknya angin puting beliung.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peristiwa angin puting beliung terjadi karena pertemuan antara udara panas dan dingin yang menyebabkan perbedaan tekanan udara sehingga memicu munculnya angin puting beliung.

0

Roboguru

Iklim dapat memengaruhi kesehatan penduduk di suatu wilayah. Bagaimana hubungan iklim dengan epidemi dan wabah penyakit? Berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim adalah faktor risiko bagi kesehatan manusia. Menurut Slamet, 2000 Perubahan iklim mempengaruhi tingkah laku manusia, yang pada gilirannya berakibat pada pola penyebaran penyakit. Hal ini karena perubahan iklim berkontribusi pada perubahan suhu, curah hujan, dan kelembaban udara. Perubahan iklim memungkinkan untuk memperpanjang musim penularan dari penyakit-penyakit yang ditularkan melalui vektor dan mengubah jangkauan geografisnya. Sebagai contoh, Di Indonesia, perubahan iklim menyebabkan meningkatnya kasus demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Meningkatnya curah hujan, menyebabkan banyaknya genangan air sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk. Serta kelembapan udara juga mempengaruhi jarak terbang dan umur nyamuk.undefined

0

Roboguru

Gunung Sinabung merupakan salah satu gunung api di Indonesia yang sering erupsi. Upaya yang sebaiknya dilakukan pemerintah setempat untuk meminimalisasi korban dan kerugian adalah ....

Pembahasan Soal:

Erupsi gunung api dapat menyebabkan berbagai dampak negatif seperti rusaknya bangunan, hilangnya harta benda, hingga menimbulkan korban jiwa. Untuk meminimalisasi dampak tersebut, perlu dilakukan upaya mitigasi bencana erupsi gunung api seperti memetakan kawasan rawan bencana. Pemetaan kawasan rawan bencana penting dilakukan agar masyarakat mengetahui wilayah mana saja yang sangat rawan terhadap bencana erupsi gunung api sehingga mereka dapat selalu bersiapsiaga. Peta kawasan rawan bencana juga dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam perencanaan tata ruang wilayah yang berbasis mitigasi bencana.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

1

Roboguru

Jelaskan apa perbedaan bencana alam yang disebabkan pengaruh manusia dengan bencana alam murni secara alami! Berikan contoh!

Pembahasan Soal:

  • Bencana alam yang disebabkan pengaruh manusia, adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas manusia. Contohnya adalah banjir. Banjir terjadi karena aktivitas manusia yang membuang sampah sembarangan atau terjadinya deforestasi, sehingga debit air akibat hujan tidak mampu terserap oleh tanah.
  • Bencana alam murni secara alami, adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa yang disebabkan oleh aktivitas alam. Contohnya adalah gunung meletus. Gunung meletus terjadi karena adanya aktivitas vulkanisme.space 

0

Roboguru

Sebutkan bencana yang di akibatkan oleh dinamika litosfer, dinamika atmosfer, dan dinamika hidrosfer!

Pembahasan Soal:

Bencana bisa diklasifikasikan menurut penyebabya, yaitu sebagai berikut.

DInamika litosfer. Litosfer berarti kulit terluar dari permukaan bumi. Contoh dari bencana jenis ini adalah gempa bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya lapisan yang bergerak dari permukaan bumi yang disebut dengan lempeng tektonik. Kemudian ada bencana gunung meletus yang terjadi juga karena adanya tekanan dari dalam bumi yang menyebabkan magma keluar ke permukaan bumi. Tanah longsor juga termasuk bagian dari dinamika lithosfer karena berasal dari adanya pergerakan lapisan tanah.

Dinamika hidrosfer. Berarti bencana ini yang terjadi karena adanya pengaruh air. Bencana jenis ini adalah seperti banjir. Banjir adalah kejadian terlalu banyaknya air yang menggenangi daratan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sampah atau memang karena aliran air yang sudah rusak. Kemudian ada tsunami yaitu gelombang pasang yang mengenai daratan karena gempabumi di laut.

Dinamika atmosfer. Bencana yang terjadi karena lapisan udara yang bergejolak. Contoh dari bencana jenis ini adalah seperti badai siklon yang muncul karena perbedaan tekanan udara yang terlalu signifikan. Contoh lain adalah kekeringan. Hal ini dikarenakan tidak adanya angin yang membawa uap air menuju sebuah daerah sehingga terjadi kekeringan. Kebakaran hutan juga termasuk karena pengaruh atmosfer. Hal ini dikarenakan panas yang tinggi menyebabkan daun kering dan kemudian mudah terbakar.

 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved