Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan informasi-informasi berikut! Kelayakan fasilitas rumah. Tingkat kepadatan permukiman. Jenis atau tipe rumah. Kepemilikan bangunan Aksesibilitas jalan perumahan Kenampakan yang dapat diinterpretasi dari foto udara untuk objek permukiman ditunjukkan oleh angka ....

Perhatikan informasi-informasi berikut!

  1. Kelayakan fasilitas rumah.
  2. Tingkat kepadatan permukiman.
  3. Jenis atau tipe rumah.
  4. Kepemilikan bangunan
  5. Aksesibilitas jalan perumahan

Kenampakan yang dapat diinterpretasi dari foto udara untuk objek permukiman ditunjukkan oleh angka ....

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 3, dan 4

  3. 2, 3, dan 4

  4. 2, 3, dan 5

  5. 3, 4, dan 5

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Interpretasi citra merupakan kegiatan mengidentifikasi objek yang tergambar pada citra, termasuk permukiman. Beberapa unsur interpretasi yang dapat digunakan untuk membedakan permukimandengan objek lain adalah bentuk, ukuran, rona, tekstur,dan pola. Permukiman umumnya memilikibentuk kotak, rona cerah karena atapnya memantulkan cahaya, serta teksturnya sedang karena ketinggian rumahnya bisa berbeda-beda satu sama lain. Untuk mengidentifikasi jenis atau tipe rumah, seperti rumah elit atau rumah di permukiman padat penduduk, kita dapat melihatnya dari bentuk dan ukuran. Untuk mengidentifikasi lebih lanjut, kitadapat menggunakan unsur - unsur interpretasi pola, ukuran dan asosiasi. Pola teratur dan jarak antarrumah dapat digunakan untuk mengindetifikasi tipe permukiman. Kompleks perumahan biasanya teratur dan jarak antarrumah seragam, sedangkan permukiman padat penduduk memiliki pola tidak teratur dan rapat . Unsur ukuran jugadapat digunakan untuk mengidentifikasi tipe rumah . Rumah pada perumahan elit memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan rumah di permukiman padat penduduk. Kondisi aksesibilitas permukiman terhadap jalan bisa dideteksi dengan unsur asosiasi. Kompleks perumahan biasanya berasosiasi dengan jalan yang lebar dan bisa digunakan untuk akses mobil . Berdasarkan penjesakan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Interpretasi citra merupakan kegiatan mengidentifikasi objek yang tergambar pada citra, termasuk permukiman. Beberapa unsur interpretasi yang dapat digunakan untuk membedakan permukiman dengan objek lain adalah bentuk, ukuran, rona, tekstur, dan pola.

  1. Permukiman umumnya memiliki bentuk kotak, rona cerah karena atapnya memantulkan cahaya, serta teksturnya sedang karena ketinggian rumahnya bisa berbeda-beda satu sama lain. Untuk mengidentifikasi jenis atau tipe rumah, seperti rumah elit atau rumah di permukiman padat penduduk, kita dapat melihatnya dari bentuk dan ukuran.
  2. Untuk mengidentifikasi lebih lanjut, kita dapat menggunakan unsur - unsur interpretasi pola, ukuran dan asosiasi.
    • Pola teratur dan jarak antarrumah dapat digunakan untuk mengindetifikasi tipe permukiman. Kompleks perumahan biasanya teratur dan jarak antarrumah seragam, sedangkan permukiman padat penduduk memiliki pola tidak teratur dan rapat.
    • Unsur ukuran juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tipe rumah. Rumah pada perumahan elit memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan rumah di permukiman padat penduduk.
    • Kondisi aksesibilitas permukiman terhadap jalan bisa dideteksi dengan unsur asosiasi. Kompleks perumahan biasanya berasosiasi dengan jalan yang lebar dan bisa digunakan untuk akses mobil

Berdasarkan penjesakan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakteristik obyek pada citra: (1) bentuk dan ukuran rumah sama; (2) pola perumahan memanjang dan mengikuti jalan tanah; (3) jarak rumah satu sama lain sama; (4) sekitar rumah terdapat pe...

26

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia