Roboguru
SD

Perhatikan informasi berikut. Pada tahun 1966, Presiden Sukarno melalui TAP IX/MPRS/1966 secara tidak langsung menunjuk Jenderal Soeharto sebagai pengganti pengemban kekuasaan kepresidenan. Hal ini dilakukan setelah terjadi aksi-aksi protes dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa yang dipimpin Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). KAMI kemudian dibubarkan pada 25 Februari 1966. Dengan dibubarkannya KAMI, muncul Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang melanjutkan tuntutannya kepada presiden terkait peristiwa Gerakan 30 September dan kondisi ekonomi. Pada tahun 1998, tepatnya 17 Mei, mahasiswa kembali melakukan aksi menduduki Gedung DPR/MPR agar tuntutannya kepada Presiden Soeharto untuk mundur dipenuhi. Massa mulai melakukan aksi setelah terjadi krisis ekonomi ditambah krisis pemerintahan pasca-Pemilu 1997. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ...

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut.

Pada tahun 1966, Presiden Sukarno melalui TAP IX/MPRS/1966 secara tidak langsung menunjuk Jenderal Soeharto sebagai pengganti pengemban kekuasaan kepresidenan. Hal ini dilakukan setelah terjadi aksi-aksi protes dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa yang dipimpin Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). KAMI kemudian dibubarkan pada 25 Februari 1966. Dengan dibubarkannya KAMI, muncul Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang melanjutkan tuntutannya kepada presiden terkait peristiwa Gerakan 30 September dan kondisi ekonomi. Pada tahun 1998, tepatnya 17 Mei, mahasiswa kembali melakukan aksi menduduki Gedung DPR/MPR agar tuntutannya kepada Presiden Soeharto untuk mundur dipenuhi. Massa mulai melakukan aksi setelah terjadi krisis ekonomi ditambah krisis pemerintahan pasca-Pemilu 1997.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ...

  1. A. Mahasiswa adalah penggerak roda pemerintahan dalam suatu negara.
     

  2. B. Mahasiswa mampu menarik simpati rakyat melebihi pemerintahnya sendiri.
     

  3. C. Mahasiswa memiliki kebiasaan untuk melakukan aksi-aksi protes dengan cara yang unik.
     

  4. D. Mahasiswa menjadi penggerak terjadinya pengulangan suatu peristiwa sejarah dengan situasi zaman yang berbeda.
     

  5. E. Mahasiswa memiliki peran dalam mengawasi jalannya pemerintahan dan mampu mengubah keadaan ke arah yang lebih baik.

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jawaban: D.

Teks dalam soal menjelaskan mengenai munculnya aksi-aksi protes yang muncul pada masa Presiden Soekarno. Munculnya peristiwa G 30 S dan krisis ekonomi menjadi penyebab utama munculnya aksi demonstrasi tersebut. Keadaan semakin buruk ketika Presiden Soekarno membubarkan KAMI, sehingga mahasiswa semakin gencar melakukan demonstrasi. Hal yang sama terjadi pada masa Presiden Soeharto berkuasa dimana mahasiswa kembali melakukan demonstrasi besar-besaran. Demonstrasi ini muncul karena terjadinya krisis ekonomi pasca pemilu 1997 yang menyengsarakan rakyat. Artinya, sejarah telah membuktikan bahwa mahasiswa menjadi faktor penggerak terjadinya pengulangan suatu peristiwa sejarah dengan situasi zaman yang berbeda.

8rb+

4.0 (4 rating)

Pertanyaan serupa

Kajian tentang sejarah pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, jika mengkaji sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka "konsep waktunya" a...

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia