Roboguru

Perhatikan informasi berikut. Maria Corazon 'Co...

Perhatikan informasi berikut.

  1. Maria Corazon 'Cory' Sumulong Cojuangco Aquino.
  2. Jenderal Fidel Valdez Ramos.
  3. Jaime Kardinal Sin.
  4. Enrille dan Ramos.
  5. Vladimir MeCiar.

Tokoh-tokoh dibalik gerakan people power di Filipina adalah ....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 3), dan 5)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Jawaban:

Gerakan people power atau Revolusi EDSA merupakan gerakan demonstran yang dilakukan secara damai oleh jutaan masyarakat Filipina dakam menumbangkan rezim Ferdinand Marcos. Gerakan ini muncul sebagai respon atas diberlakukannya Hukum Darurat Militer yang menyebabkan hak berekspresi dan berpendapat terbatas. 

Pada saat revolusi ini berlangsung secara besar-besaran, muncul nama Corazon Aquino atau Cory Aquino, yang merupakan istri dari Beniqno Aquino. Ia siap menjadi oposisi, dan menuntur keadilan atas penculikan dan pembunuhan terhadap politisi-politisi oposisi. Pada pemilu 1986, Corazon menjadi lawan Marcos. Akan tetapi, hasil pemilu dimanipulasi oleh pihak Marcos dengan mengganti 30 anggota KPU dengan orang-orang suruhannya dan ia juga menghilangkan hak pilih sebagian masyarakat Filipina.

Usaha Corazon untuk menghentikan pemerintahan Marcos mendapat dukungan dari Kardinal Sin, seorang pastor Gereja Katolik. Kardinal Sin menyerukan kepada seluruh umatnya untuk mendukung Corazon dalam menghentikan kezaliman Marcos. Dukungan kepada Corzaon juga datang dari Menteri Pertahanan Juan Ponce Enrille, tentara-tentara pemerintahan Marcos, serta Jenderal Fidel Ramos. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved