Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut. 1) Kekuasaan Presiden sebagai pemegang kekuasaan eksekutif berkurang dengan diterapkannya otonomi daerah (desentralisasi), 2) Sistem perekonomian yang kegiatannya diatur dan dikendalikan pemerintah, 3) Sebagai pemegang kekuasaan eksekutif presiden harus berbagi dengan DPR sebagai unsur legislatif, 4) Demokrasi yang konstitusional dan mengedepankan kepentingan presiden. Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang ditunjukkan oleh nomor . . .

Perhatikan informasi berikut.

1)  Kekuasaan Presiden sebagai pemegang kekuasaan eksekutif berkurang dengan diterapkannya otonomi daerah (desentralisasi),

2)  Sistem perekonomian yang kegiatannya diatur dan dikendalikan pemerintah,

3)  Sebagai pemegang kekuasaan eksekutif presiden harus berbagi dengan DPR sebagai unsur legislatif,

4)  Demokrasi yang konstitusional dan mengedepankan kepentingan presiden.

Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang ditunjukkan oleh nomor . . .

  1. 1) dan 2)

  2. 1) dan 3)

  3. 2) dan 3)

  4. 2) dan 4)

  5. 3) dan 4)

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang menunjukkan adanya perkembangan yang lebih baik daripada pelaksanaan sistem demokrasi Indonesia yang diterapkan sejak tahun 1945, yaitu sebagai berikut. Kekuasaan presiden sebagai pemegang kekuasaan ekskutif berkurang dengan diterapkannya otonomi daerah ( desentralisasi) Sebagai pemegang kekuasaan eksekutif, presiden harus berbagi dengan DPR sebagai unsur legislatif sebagai contoh, m isalnya sebuah rancangan undang-undang (RUU) yang telah disepakati DPR dapat diberlakukan rneskipun tidak dirundingkan dengan presiden terlebih dahulu. Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang ditunjukkan oleh nomor 1) dan 3).

Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang menunjukkan adanya perkembangan yang lebih baik daripada pelaksanaan sistem demokrasi Indonesia yang diterapkan sejak tahun 1945, yaitu sebagai berikut.

  • Kekuasaan presiden sebagai pemegang kekuasaan ekskutif berkurang dengan diterapkannya otonomi daerah ( desentralisasi)
  • Sebagai pemegang kekuasaan eksekutif, presiden harus berbagi dengan DPR sebagai unsur legislatif sebagai contoh, misalnya sebuah rancangan undang-undang (RUU) yang telah disepakati DPR dapat diberlakukan rneskipun tidak dirundingkan dengan presiden terlebih dahulu.

        Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan pada masa reformasi mencatat beberapa hal penting yang ditunjukkan

        oleh nomor 1) dan 3).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

62

Ridwan Ghazali

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bentuk tantangan terbesar dalam penerapan Pancasila pada masa reformasi adalah...

72

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia