Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut. 1. Berkuasanya orang-orang komunis di negara-negara anggota Uni Soviet. 2. Sedikitnya dukungan dari rakyat setiap anggota. 3. Ketidakmampuan pemerintah Moskow mengatasi kesulitan ekonomi di negaranya. 4. Jatuhnya pimpinan komunis Bulgaria, Todor Zhivkov. 5. Jatuhnya pimpinan komunis di Tiongkok, Chiang Kai Shek. Latar belakang dibubarkannya Pakta Warsawa ditunjukkan nomor . . . .

Perhatikan informasi berikut.

1. Berkuasanya orang-orang komunis di negara-negara anggota Uni Soviet.

2. Sedikitnya dukungan dari rakyat setiap anggota.

3. Ketidakmampuan pemerintah Moskow mengatasi kesulitan ekonomi di negaranya.

4. Jatuhnya pimpinan komunis Bulgaria, Todor Zhivkov.

5. Jatuhnya pimpinan komunis di Tiongkok, Chiang Kai Shek. 

Latar belakang dibubarkannya Pakta Warsawa ditunjukkan nomor . . . . 

  1. 1), 2), dan 3) 

  2. 1), 3), dan 4) 

  3. 2), 3), dan 4) 

  4. 2), 3), dan 5) 

  5. 3), 4), dan 5) 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalahC.2), 3), dan 4)

jawaban yang tepat adalah C. 2), 3), dan 4) 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Pakta Warsawa adalah pakta militer yang dibentuk Uni Soviet dan berdiri pada tanggal 14 Mei 1955 di Warsawa, Polandia. Pakta Warsawa sendiri juga disebut dengan PMAUC (Pact of Mutual Assistence and Unifield Command ). Tujuan dari Pakta ini adalah untuk mengimbangi NATO di Eropa dan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO yang telah dibentuk lebih dahulu pada tahun 1949. Latar Belakang dibentuknya Pakta Warsawa adalah karena dipicu oleh integrasi Jerman Barat ke dalam NATO melalui ratifikasi Persetujuan Paris dengan tujuan untuk mengorganisir diri terhadap kemungkinan ancaman NATO.Terbentuknya Pakta Warsawa digagas oleh Nikita Khrushchev pada tahun 1955 dan ditandatangani di Warsawa, pada tanggal 14 Mei 1955. Pakta Warsawa sendiri terdiri dari 7 negara, yaitu Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Cekoslovakia. Pembentukan ini menegaskan Eropa terbagi menjadi dua kubu, yaitu Blok Timur dan Blok Barat. Bubarnya Pakta Warsawa berakhir pada tanggal 31 Maret 1991 dan diakhiri secara resmi dalam pertemuan di Praha pada 1 Juli 1991 karena seiring dengan gelombang revolusi demokratik di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet pada tahun yang sama. Lebih jelasnya dibubarkannya Pakta Warsawa adalahkarena pada akhir tahun 1980-an timbul gerakan anti-Soviet dan anti-Komunisme di negara-negara Eropa Timur yang membuat retakan di dalam Pakta Warsawa selain itu banyaknya protes dari masyarakat, perekonomian yang memburuk seperti yang terjadi di Moskow serta ketidakstabila politik di dalam negeri, seperti jatuhnya kepemimpinan komunis di beberapa negara. Ditambah banyaknya anggota yang menunjukan ingin menarik diri dari Pakta Warsawa seperti Polandia dan Cekoslowakia. Jadi, jawaban yang tepat adalahC.2), 3), dan 4)

Pakta Warsawa adalah pakta militer yang dibentuk Uni Soviet dan berdiri pada tanggal 14 Mei 1955 di Warsawa, Polandia. Pakta Warsawa sendiri juga disebut dengan PMAUC (Pact of Mutual Assistence and Unifield Command ). Tujuan dari Pakta ini adalah untuk mengimbangi NATO di Eropa dan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO yang telah dibentuk lebih dahulu pada tahun 1949. Latar Belakang dibentuknya Pakta Warsawa adalah karena dipicu oleh integrasi Jerman Barat  ke dalam NATO melalui ratifikasi Persetujuan Paris dengan tujuan untuk mengorganisir diri terhadap kemungkinan ancaman NATO.Terbentuknya Pakta Warsawa digagas oleh Nikita Khrushchev pada tahun 1955 dan ditandatangani di Warsawa, pada tanggal 14 Mei 1955. Pakta Warsawa sendiri terdiri dari 7 negara, yaitu Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Cekoslovakia. Pembentukan ini menegaskan Eropa terbagi menjadi dua kubu, yaitu Blok Timur dan Blok Barat. Bubarnya Pakta Warsawa berakhir pada tanggal 31 Maret 1991 dan diakhiri secara resmi dalam pertemuan di Praha pada 1 Juli 1991 karena seiring dengan gelombang revolusi demokratik di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet pada tahun yang sama.

Lebih jelasnya dibubarkannya Pakta Warsawa adalah karena pada akhir tahun 1980-an timbul gerakan anti-Soviet dan anti-Komunisme di negara-negara Eropa Timur yang membuat retakan di dalam Pakta Warsawa selain itu banyaknya protes dari masyarakat, perekonomian yang memburuk seperti yang terjadi di Moskow serta ketidakstabila politik di dalam negeri, seperti jatuhnya kepemimpinan komunis di beberapa negara. Ditambah banyaknya anggota yang menunjukan ingin menarik diri dari Pakta Warsawa seperti Polandia dan Cekoslowakia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 2), 3), dan 4) 

9rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kapan Pakta Warsawa dibentuk dan apa yang menandai pembentukannya?

482

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia