Roboguru

Perhatikan ilustrasi! Tanaman mahoni Tanaman kaktus Tanaman buah naga Tanaman teratai Tanaman randu Tanaman kangkung Pengelompokkan berdasarkan cara adaptasi yang benar adalah ....

Perhatikan ilustrasi!

  1. Tanaman mahoni
  2. Tanaman kaktus
  3. Tanaman buah naga
  4. Tanaman teratai
  5. Tanaman randu
  6. Tanaman kangkung

Pengelompokkan berdasarkan cara adaptasi yang benar adalah ....undefined

  1. undefined

  2. undefined

  3. undefined

  4. undefined

Jawaban:

Makhluk hidup berusaha menyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan untuk bisa bertahan. Adaptasi pada makhluk hidup dibagi menjadi tiga yaitu adaptasi morfologi, fisologi, dan tingkah laku. Adaptasi morfologi berkaitan dengan bentuk tubuh yang disesuaikan dengan lingkungannya. Adaptasi ini dapat dengan mudah diamati karena berkaitan dengan bentuk luar. Adaptasi ini di antaranya dilakukan oleh tumbuhan. Berdasarkan kemampuan menyerap air, tumbuhan dibedakan menjadi tiga kelompok. Masing-masing memiliki adaptasi morfologi. Ketiganya adalah sebagai berikut:

  1. tumbuhan xerofit, adalah tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kering, contohnya kaktus, buah naga. Adaptasi yang dilakukan di antaranya daun berukuran kecil bahkan tidak berdaun (mengalami modifikasi menjadi duri), kutikula tebal utnuk mengurangi penguapan, akar panjang sehingga bisa menjangkau lebih luas, batangnya tebal untuk menyimpan air.
  2. tumbuhan hidrofit, adalah tumbuhan yang hidupnya berada di air. Adaptasi yang dilakukan di antaranya daun tipis lebar, batangnya berongga, struktur batang lunak, stomata sedikit. Contohnya teratai, eceng gondok.
  3. tumbuhan higrofit, tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan lembab, contohnya tumbuhan paku dan lumut.

Selain adaptasi morfologi, tumbuhan juga melakukan adaptasi tingkah laku. Contohnya pada pohon jati, randu yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Adapun bentuk adaptasi fisiologi pada tumbuhan di antaranya adalah bunga menghasilkan nektar untuk menarik serangga, ilalang menghasilkan zat beracun untuk bagi hewan herbivora dan lainnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved