Perhatikan ilustrasi berikut! Terjadi tawuran antarpelajar kelas menengah atas yang membuat khawatir masyarakat sekitar, setelah diselidiki terdapat 5 orang pelaku utama yang ditangkap oleh pihak kepolisian yang diduga sebagai provokator dari tawuran ini. Setelah para pelaku di wawancara terdapat tiga kode yang muncul dari hasil wawancara, yaitu hubungan kurang baik antar sekolah, gengsi antar pelajar, dan kurangnya pengawasan dari orang tua dan pihak sekolah. Ketiga kode ini dikategorikan sebagai faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar.  Berdasarkan ilustrasi tersebut, hal ini merupakan bentuk teknik pengolahan dan analisis penelitian kualitatif pada tahap ….

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut!

Terjadi tawuran antarpelajar kelas menengah atas yang membuat khawatir masyarakat sekitar, setelah diselidiki terdapat 5 orang pelaku utama yang ditangkap oleh pihak kepolisian yang diduga sebagai provokator dari tawuran ini. Setelah para pelaku di wawancara terdapat tiga kode yang muncul dari hasil wawancara, yaitu hubungan kurang baik antar sekolah, gengsi antar pelajar, dan kurangnya pengawasan dari orang tua dan pihak sekolah. Ketiga kode ini dikategorikan sebagai faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar. 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, hal ini merupakan bentuk teknik pengolahan dan analisis penelitian kualitatif pada tahap ….undefined
 

  1. memilah dataundefined

  2. codingundefined

  3. axial codingundefined

  4. menyimpulkan dataundefined

  5. mengobservasi dataundefined

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan

Penelitian kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang mencoba mengungkap makna dari fenomena sosial dengan menggunakan penggambaran data berupa narasi atau kalimat. Pengolahan dan analisis penelitian kualitatif terdiri dari tahap memilah data, mengategorisasi data atau coding, sampai ke tahap menginterpretasi data atau axial coding. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa hasil dari wawancara yang dilakukan terhadap pelaku tawuran menghasilkan tiga kode utama yang kemudian dikerucutkan menjadi faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar. Hal ini merupakan tahap menginterpretasi data atau axial coding. Axial coding merupakan proses menghubungkan makna atau kode dari sebuah data sehingga menjadi sebuah kategori.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

23

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut yang menggambarkan teknik cluster sampling adalah …

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia