Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut! Setelah belasan tahun dikembangkan, Desa wisata Pentingsari menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Perkembangan desa wisata ini tidak lepas dari perjuangan warga yang inin memiliki nilai tambah dari sektor pariwisata. Aktivitas sehari-hari warga dalam bertani menjadi salah satu daya tarik wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain itu, untuk wisata budaya ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti, yaitu memainkan gamelan, menari, membatik, membaut wayang rumput, dan membuat janur. Pemberdayaan Desa wisata Pentingsari mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Prinsip pemberdayaan komunitas berdasarkan wacana adalah ...

Perhatikan ilustrasi berikut!


Setelah belasan tahun dikembangkan, Desa wisata Pentingsari menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Perkembangan desa wisata ini tidak lepas dari perjuangan warga yang inin memiliki nilai tambah dari sektor pariwisata. Aktivitas sehari-hari warga dalam bertani menjadi salah satu daya tarik wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain itu, untuk wisata budaya ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti, yaitu memainkan gamelan, menari, membatik, membaut wayang rumput, dan membuat janur. Pemberdayaan Desa wisata Pentingsari mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman.


Prinsip pemberdayaan komunitas berdasarkan wacana adalah ...

  1. terbuka dan partisipatif 

  2. keswadayaan dan terbuka 

  3. kesetaraan dan partisipatif 

  4. berkelanjutan dan kesetaraan 

  5. partisipatif dan berkelanjutan
     

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah E. Dalam sebuah pemberdayaan masyarakat juga memiliki peran juga perantara untuk dapat mengembangkan potensinya, seperti pihak pemerintah dan juga pihak-pihak lainnya. tentu saja dalam pemberdayaan harus sesuai dengan kebutuhan juga prinsip-prinsip penting yaitu: Partisipatif , dimaksudkan untuk mengikutsertakan masyakat sekitar, dalam artiandirencanakan, dilaksanakan, diawasi dan dievaluasi oleh masyarakat. Kesetaraan , dimaksudkan sebagai prinsip yang dilakukan dengan menyamaratakan setiap individu, dengan tidak memandang status sosial atau latar belakang sosialnya. Keswadayaan , dimaksudkan dengan menghargai dan mengutamakan kemampuan masyarakat dari pada bantuan pihak lain. Berkelanjutan , dirancang untuk program dengan outputjangka panjang dan dijalankan secara terus-menerus dan masyarakat dapat menjalankan program tersebut secara mandiri. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat diketahui bahwa pemberdayaan yang dilakukan pada Desa wisata Pentingsari dari adanya keinginan warga merupakan prinsip dari partisipatif yang berjuang untuk memiliki sumber penghasilandari sektor pariwisata, dan dukungan pemerintah dengan memberikan pelatihan untuk mengelola termasuk dari prinsip berkelanjutan karena adanya tujuan untuk meningkatkan kemandirian warga. Sehingga prinsip-prinsip yang ada pada program pemberdayaan tersebut adalah partisipatif dan berkelanjutan. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Jawaban yang benar adalah E.

Dalam sebuah pemberdayaan masyarakat juga memiliki peran juga perantara untuk dapat mengembangkan potensinya, seperti pihak pemerintah dan juga pihak-pihak lainnya. tentu saja dalam pemberdayaan harus sesuai dengan kebutuhan juga prinsip-prinsip penting yaitu:

  1. Partisipatif, dimaksudkan untuk mengikutsertakan masyakat sekitar, dalam artian direncanakan, dilaksanakan, diawasi dan dievaluasi oleh masyarakat.
  2. Kesetaraan, dimaksudkan sebagai prinsip yang dilakukan dengan menyamaratakan setiap individu, dengan tidak memandang status sosial atau latar belakang sosialnya.
  3. Keswadayaan, dimaksudkan dengan menghargai dan mengutamakan kemampuan masyarakat dari pada bantuan pihak lain.
  4. Berkelanjutan, dirancang untuk program dengan output jangka panjang dan dijalankan secara terus-menerus dan masyarakat dapat menjalankan program tersebut secara mandiri.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat diketahui bahwa pemberdayaan yang dilakukan pada Desa wisata Pentingsari dari adanya keinginan warga merupakan prinsip dari partisipatif yang berjuang untuk memiliki sumber penghasilan dari sektor pariwisata, dan dukungan pemerintah dengan memberikan pelatihan untuk mengelola termasuk dari prinsip berkelanjutan karena adanya tujuan untuk meningkatkan kemandirian warga. Sehingga prinsip-prinsip yang ada pada  program pemberdayaan tersebut adalah partisipatif dan berkelanjutan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Latihan Bab

Mengenal Konsep Pemberdayaan Komunitas II

Prinsip dan Siklus Pemberdayaan Komunitas

Teori dan Pendekatan dalam Pemberdayaan Komunitas

Strategi Pelaksanaan Pemberdayaan Komunitas

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

611

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan 3 karakter utama dari Communty Based Developments dalam pemberdayaan masyarakat!

701

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia