Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut! Seorang peneliti melakukan penelitian untuk mengungkap sistem kekerasan yang dilakukan antarkelompok peserta didik di sekolah. Peneliti ingin menggambarkan permasalahan tersebut secara detail berdasarkan kejadian sesungguhnya. Jenis penelitian yang tepat digunakan oleh peneliti adalah . . . .

Perhatikan ilustrasi berikut!

Seorang peneliti melakukan penelitian untuk mengungkap sistem kekerasan yang dilakukan antarkelompok peserta didik di sekolah. Peneliti ingin menggambarkan permasalahan tersebut secara detail berdasarkan kejadian sesungguhnya. 

Jenis penelitian yang tepat digunakan oleh peneliti adalah . . . .

  1. fenomenologi

  2. eksperimen

  3. komparatif 

  4. deskriptif 

  5. historis 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jenis penelitian yang tepat untuk digunakan peneliti, berdasarkan soal tersebut adalah penelitian deskriptif.

jenis penelitian yang tepat untuk digunakan peneliti, berdasarkan soal tersebut adalah penelitian deskriptif.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan tujuannya, jenis penelitian sosial dapat dibedakan menjadi lima. Antara lain adalah sebagai berikut: Penelitian eksploratif yaitu penelitian-penelitian sosial yang bertujuan untuk dapat menemukan fakta dan ilmu pengetahuan baru. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan memberikan gambaran mengenai fenomena tertentu dalam kehidupan bermasyarakat secara detail berdasarkan kejadian sesungguhnya. Penelitian verifikatif yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan menguji teori daripada penelitian sebelumnya yang sudah ada. Penelitian tindakan, adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru yang Iebih efisien atau efektif. Penelitian pengembangan atau development yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan mengembangkan, memperluas, dan memperdalam suatu teori atau pengetahuan dalam masyarakat. Dengan demikian, jenis penelitian yang tepat untuk digunakan peneliti, berdasarkan soal tersebut adalah penelitian deskriptif.

Berdasarkan tujuannya, jenis penelitian sosial dapat dibedakan menjadi lima. Antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian eksploratif yaitu penelitian-penelitian sosial yang bertujuan untuk dapat menemukan fakta dan ilmu pengetahuan baru.
  2. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan memberikan gambaran mengenai fenomena tertentu dalam kehidupan bermasyarakat secara detail berdasarkan kejadian sesungguhnya.
  3. Penelitian verifikatif yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan menguji teori daripada penelitian sebelumnya yang sudah ada.
  4. Penelitian tindakan, adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru yang Iebih efisien atau efektif.
  5. Penelitian pengembangan atau development yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan mengembangkan, memperluas, dan memperdalam suatu teori atau pengetahuan dalam masyarakat.

Dengan demikian, jenis penelitian yang tepat untuk digunakan peneliti, berdasarkan soal tersebut adalah penelitian deskriptif.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

248

yusuf rais

Jawaban tidak sesuai

Muhammad Ario Maulidi

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang peneliti akan melakukan wawancara pada kelompok wanita yang menjadi korban kekerasan dan pelecahan seksual. Wanita tersebut terhimpun dalam suatu panti sosial, pada saat ingin melakukan wawanc...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia